Pengaruh Hasil Pembelajaran Video Materi Dribble Bola Basket Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Kognitif Belajar Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 30 Surabaya

Authors

  • Yanuar Fadhlurrahman Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11593

Keywords:

Hasil Pembelajaran, Dribble Bola Basket, E-learning, Kognitif

Abstract

Bola basket adalah olaharaga yang membutuhkan kerja sama untuk memperkuat pertahanan dan kemenangan. Keterampilan dasar dalam permainan sepak bola salah satunya yaitu Dribble. Pembelajaran Dribble menggunakan media video pembelajaran yang bisa untuk meningkatkan hasil belajar para peserta didik. Pendidikan ialah hal yang penting di era sekarang ini, bahkan termasuk dalam kebutuhan setiap manusia karena dengan mendapatkan ilmu pendidikan maka manusia mendapatkan kualitas hidup. Pendidikan ialah salah satu faktor pendukung untuk kemajuan suatu negara, dengan tingkat pendidikan yang tinggi akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Teknologi harus ditingkatkan untuk membantu orang beroperasi lebih efisien, tetapi juga dapat digunakan untuk memajukan pengetahuan dan membuat produk lebih efektif. Untuk menghasilkan peserta didik yang terdidik dan mewujudkan kehidupan bernegara sebagaimana yang disyaratkan oleh UUD 1945, teknologi pendidikan juga harus dikembangkan secara maksimal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah (1) Mengetahui pengaruh hasil belajar mengenai E-Learning pada materi pembelajaran dribble bola basket pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan untuk kelas IX A di SMP Negeri 30. (2) Mengetahui seberapa pengaruh E-Learning pada materi pembelajaran dribble bola basket pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan besarnya pengaruh E-Learning untuk kelas IX A di SMP Negeri 30 Surabaya. Sampel dari siswa kelas XI A sebanyak 34 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian mengenai pengaruh media video pembelajaran berbasis E-Learning terhadap hasil belajar Dribble bola basket, hasil pembelajaran berbasis E-learning terhadap hasil belajar kognitif pada kelas XI A SMP NEGERI 30 Surabaya hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil dari uji paired sample t test dengan nilai yang signifikan 0,000 < 0,05.

References

Aidah. S. (2019). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di STIA Al Gazali Barru (Suatu Studi terhadap Pemanfaatan Model E-Learning Berbasis Software Claroline). Meraja Journal, 2(1), 1–12.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(2), 57. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitan?: suatu pendekatan praktik.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arwih, M. Z. (2019). Hubungan Kelincahan Dengan Kemampuan Menggiring Pada Permainan Bola Basket Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan Angkatan 2017 Fkip Uho. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 18(1), 146–153.

Dewi, I. G. A. A. O. (2021). Mendiskusikan Hasil Pengujian Hipotesis Penelitian Dalam Penyusunan Disertasi?: Sebuah Kajian Teoritis. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(1), 31–39. https://doi.org/10.22225/kr.13.1.2021.31-39

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, April.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Haryanto, S. (2018). Kelebihan Dan Kekurangan E-Learning Berbasis Schoology. Prosiding Seminar Nasional Geotik, 2, 106–110.

Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. Prisma, 2, 917–927. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29308/12927

HIKMAH MANGANNI, 2016 (universitas negeri Makasan). (2016). Disertasi Sebagai Salah Satu syarat untuk Mencapai Derajat Doktor Program Studi Ilmu Pendidikan Disusun dan Diajukan oleh HIKMAH MANGANNI kepada PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PENGEMBANGAN BAHAN DIKLAT PADA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN. 156–411.

Jeprianto, J., Ubabuddin, U., & Herwani, H. (2021). Penilaian Pengetahuan Penugasan Dalam Pembelajaran di Sekolah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 16–20. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.55

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.

Malik, A. A., & Rubiana, I. (2019). Kemampuan Teknik Dasar Bola Basket: Studi Deskriptif Pada Mahasiswa. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 79–84. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1238

Memenuhi, U., Satu, S., Mencapai, S., Sarjana, G., & Islamiyah, P. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP TERJADINYA LEARNING LOSS MELALUI KEPUASAN SISWA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Siswa SMP Negeri 3 Tangerang Selatan).

Nugroho, M. A. (2022). PELATIHAN E-LEARNING DASAR BAGI GURU Pendahuluan. 2(1), 173–178.

Nuha, A. (2017). Populasi Dan Sampel?. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.

Oktaviani, R. T. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91–94. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/728

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pusvyta Sari. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531

Putri, N. I., & Umar, A. (2020). Kemampuan Teknik Dasar Bola Basket Atlet Putra Klub Genta Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 3(4), 15–21.

Qomariah, S., Pratiwi, H., & Arfyanti, I. (2014). Membangun E-Lerning Menggunakan Moodle. 23–28.

Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021). No ????????????????????? ?????????????????Title. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif, dan r&d.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Ilmiah. METODE PENELITIAN ILMIAH, 84, 116.

Syariah, S., & Pasar, D. I. (2022). Pengaruh asumsi mahasiswa tentang.

Taib, B., & Mahmud, N. (2021). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799–1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842

Wahyono, H. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam penilaian hasil belajar pada generasi milenial di era revolusi industri 4 . 0. Proceeding of Biology Education, 3(1), 192–201.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.

Downloads

Published

17-12-2023

How to Cite

Fadhlurrahman, Y. (2023). Pengaruh Hasil Pembelajaran Video Materi Dribble Bola Basket Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Kognitif Belajar Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 30 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28836–28846. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11593

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check