Urgensi Kreativitas Guru PAUD dalam Memfasilitasi Perkembangan Anak

Main Article Content

Nurul Zakiyyah
Kuswanto Kuswanto

Abstract

Kreativitas adalah proses untuk menciptakan sesuatu yang baru dari komponen yang sudah ada dengan memperbaharui komponen tersebut sehingga menghasilkan penemuan yang lebih efisien. Cara belajar yang menarik dan bervariatif dapat dihasilkan dari ide-ide yang dimiliki guru. Hal tersebut akan dapat muncul dan terealisasikan jika seorang guru memiliki kreativitas yang tinggi. Supaya aspek-aspek perkembangan anak dapat tercapai dengan optimal maka kreativitas sangat dibutuhkan untuk memfasilitasinya. Pembahasan ini diangkat agar seorang guru mengetahui bahwa kreativitas merupakan hal yang penting untuk dapat memfasilitasi perkembangan anak secara optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan pendekatan yang dilakukan bersifat deskriptif analisis dan studi literatur dari berbagai sumber.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zakiyyah, N. ., & Kuswanto, K. (2021). Urgensi Kreativitas Guru PAUD dalam Memfasilitasi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1713–1717. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1169
Section
Articles of Research

References

Astriani, M.M & Alfahnum, M. (2020). “Peningkatan Kompetensi Guru Paud dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif”. Jurnal PKM : Pengabdian Kepada Masyarakat 3. (4). 366-371.

Herlinawati, E. (2011). Menjadi Pribadi Kreatif Inovatif dan Cendikia. Bandung: Acarya Media Utama.

Khaironi, M. (2018). “Perkembangan Anak Usia Dini”. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University 3. (1). 1-12.

Nisa, T.F & Fajar, Y.W. (2016). “Strategi Pengembangan Kreativitas Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran”. Jurnal PG PAUD Trunojoyo 3. (2). 79-162.

Sari, D. (2016). “Hubungan Motivasi Mengajar Guru Dengan Kreativitas Guru pada Guru yang Telah Memiliki Sertifikat Pendidik Paud Se-Kota Pekanbaru”. EDUCHILD 5. (2). 89-97.

Wigati, M & Wiyani, N.A. (2020). “Kreativitas Guru dalam Membuat Alat Permainan Edukatif Dari Barang Bekas”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4. (1). 44-56.