Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara

Main Article Content

Sania Amaliyah

Abstract

Ki Hadjar Dewantara memandang adanya konsepsi Tripusat Pendidikan yang memiliki peranan besar. Ki Hadjar Dewantara menempatkan pendidikan pertama yaitu dilingkungan keluarga. Terlihat jelas bahwa Ki Hadjar Dewantara sangat peduli dan memperhatikan. Namun di era sekarang ini, hakikat pendidikan kekeluargaan telah menurun, sehingga pendidikan keluarga yang seharusnya dijadikan pendidikan yang utama dan pertama telah berubah menjadi pendidikan yang tidak penting. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan konsep pendidikan dalam keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi pustaka (library research) yang bersumber baik dari buku maupun jurnal-jurnal mengenai konsep pendidikan keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara. Hasil penilitian ini dapat disimpulkan bahwa Pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan yang paling mendasar dari pendidikan anak selanjutnya. Pendidikan dalam keluarga tak terlepas dari peran orang tua. Peran orang tua tidak hanya memenuhi kebutuhan fisik berupa makan, minum, pakaian, dan tempat tinggal tetapi tanggung jawab orang tua jauh lebih dari hal tersebut, orang tua harus membimbing, mengasuh daan memberi teladan yang baik bagi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amaliyah, S. (2021). Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1766–1770. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1171
Section
Articles of Research

References

Darmawan, I. P. A. (1952). Pandangan dan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. mental, 12, 13.

Dewantara, Ki Hadjar. (1977). Bagian Pertama : Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Herlambang, Y. (2018). Pedagogik : Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta : Bumi Aksara.

Jailani, M. S. (20140. Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 8 (2), 246-260.

Marisyah, A. dkk. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai. 3(6). 1514-1519.

Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14-26.

Sugiarta, M. dkk. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3). 124-136.

Yohana, N. (2017). Konsepsi Pendidikan Dalam Keluarga Menurut pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan hasan Langgulung. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(1), 126-145.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiryopranoto, S. dkk. (2017). Ki Hajar Dewantara : Pemikiran dan Perjuangannya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.