Distribusi Zakat Fitrah Setelah Shalat ‘Idul Fitri di Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas Ditinjau dari Hukum Islam

Authors

  • Ilman MHD. Akhyaruddin Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary, Indonesia
  • Fatahuddin Aziz Siregar Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary, Indonesia
  • Ikhwanuddin Harahap Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11854

Keywords:

Zakat Fitrah, Sholat ‘Idul Fitri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendistribusian zakat fitrah setelah shalat idul fitri di Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Untuk mengetahui faktor pendistribuan zakat fitrah setelah shalat idul fitri di Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam terhadap Pendistribusian Zakat Fitrah setelah Shalat Idul Fitri di Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mentode pendistribusian zakat fitrah dikecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas adalah a) Pendistribusian zakat fitrah dari amil/panitia zakat kepada mustahik dilaksanakan pada tanggal 26 Ramadhan setelah shalat asar dengan system talangan, b) Pendistribusian dari amil kepada mustahik pada malam 1 (satu) syawal, c) Pendistribusian dari amil/panitia zakat kepada mustahik setelah shalat idul fithri. Faktor-faktor yang menyebabkan pendistribusian zakat fitrah setelah shalat idul fitri adalah a) Kurangnya kesadaran masyarakat dalam memahami tujuan zakat fitrah, b) Kurangnya sumber daya manusia para panitia/amil zakat, c) Kurangnya manajemen amil zakat. Dilihat dari tinjauan hukum islam, pendistribusian zakat fitrah setelah shalat idul fitri adalah sah apabila dilaksanakan oleh amil zakat yang sah, yakni pendistribusian dari amil zakat yang sah kepada mustahik. Sekalipun hal tersebut kurang tepat dari sisi Maqasid Syari’ahnya. Sebab tujuan zakat fitrah itu adalah untuk menghindari adanya fakir miskin yang meminta-minta pada hari Raya idul Fitri.

References

Al-Sayikh, Y. I. (2008). Kitab zakat. Penerbit Marja.

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Arlinta. (2020). Telaah krisis Praktik Pendistribusian dan Manfaat Zakat Fitrah dI Desa Ngadirojo Soko Ponorogo Tahun 2019. Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 1(2).

Az-Zuhaili, W. (2010). Fiqih Islam jilid 2. Gema Insani.

Bariyah M, O. N. (2016). Implementasi Zakat Fitrah Berbasis Mesjid Studi Kasus di Kelurahan Kedaung Pamulang Kota Tenggara Selatan. Jurnal Universitas Muhammadiyah, 2(1).

Basri rusdaya, W. A. (2015). Distribusi Zakat Fitrah di Kelurahan Banteng Kec Baranti Kabupaten Sidrap (Tinjauan Hukum Islam). Jurnal Az-Zarqa, 7(1).

Hartatik. (2015). Analisi Praktik Pendistribusian Zakat Produktif Pada Badan amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Magelang. Jurnal Az-Zarqa, 7(1).

Hidayat, A. T., & Alfurqan, A. (2020). Pluralistic Fiqh Based on Perspective of Imam Al-Sya’rani in The Book of Al-Mizan Al-Kubra. JURNAL ILMIAH MIZANI: Wacana Hukum, Ekonomi, dan Keagamaan, 7(2), 83-94.

Khairuddin. (2020). Implementasi Pendistribusian zakat Fitrah di Desa Kuta Tinggi Aceh. Jurnal Ilmiah Syariah, 19(2).

Muchtar Ayi Ishak Sholih, Nurlaela Siti. (2019). Zakat Fitrah Bagi Janin Yang Masih dalam Kandungan Menurut Ibnu Hazm. Jurnal Penelitian Hukum Islam. 13.(1).

Mufidah. (2014). Psikologi Keluarga Islam “Berwawasan Gender.” UIN Maliki Press.

Mahzan, Ismail. (2023). Penetapan Waktu Wajib Zakat Fitrah dalam Persfektif Fikih dan Ilmu Falak. Jurnal Of Islamic Astronomy. 2.(1).

Sabiq, S. A.-S. (2005). Panduan zakat. Pustaka Ibnu Katsir.

Samsul. (2020). Tujuan dan Sasaran Zakat dalam Konteks Ibadah dan Muamalah. Islamic Banking, Economic and Financial Journal.1.(1)

Satori Djama’ah, K. A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Syafitri, D. (2021). Analisis Pengelolaan Dana Zakat Fitrah Sebagai Pemberdayaan Ekonomi Ummat. Jurnal Ekonomi Islam, 12.(2).

Tafsiruddin. (2020). Sistem Pengelolaan Zakat di Era Modern. Jurnal Al-Mutharahah.17.(1).

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo.

Wafa, A. (2021). Panduan Lengkap Zakat Fitrah. Jurnal Muslim, 2(1).

Wahyuni Eka Tri, C. A. (2017). Pembagian Zakat Fitrah Kepada Mustahiq Studi Komporatif Ketentuan Ashnaf Menurut Imam Syafi’i dan Malik. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(2).

Wibowo Arif. (2015). Distribusi Zakat dalam Bentuk Penyertaan Modal Bergulir Sebagai Accelator Kesetaraan Kesejahteraan. Jurnal Ilmu Manajaemen. 12. (2).

Zuhaily, W. (2005). Zakat Kajian Berbagai Madzhab Terjemahan. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

24-12-2023

How to Cite

Akhyaruddin, I. M., Siregar, F. A., & Harahap, I. (2023). Distribusi Zakat Fitrah Setelah Shalat ‘Idul Fitri di Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas Ditinjau dari Hukum Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30077–30085. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11854

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check