Strategi Gurudalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Keefektifan Belajar Pada Siswa

Authors

  • Eka Yusnaldi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Dina Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Nepri Handayani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Nabila Suhaila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Irma Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Dinda Patliana Sukma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11865

Keywords:

Keefektifan, Pembelajaran, Strategi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana keefktifan siswa dalam belajar dengan strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran.Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan mengungkapkan fenomena yang terjadi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran sangatlah penting untuk digunakan guru, dalam menunjang keefektifan siswa dalam belajar dan meningkatkan hasil belajar atau tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.Pembelaran IPS tentunya membutuhkan strategi dalam mengajarkannya kepada siswa, agar materi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh masing-masing siswa. Ada begitu banyak pilihan strategi untuk digunakan guru pada proses pembelajaran dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi.

References

Afandi, Rifki. 2011. "Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar." PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 1.1.

Asrori, Mohammad. 2013. "Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran." Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 5.2.

Djaka, 2011.Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini, Surakarta : Pustaka Mandiri.

Febriani, Meli. 2021. "IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi)." Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7.1.

Kamaruddin, S., & Yusoff, N. M. R. N. 2019.The Effectiveness of Cooperative Learning Model Jigsaw and Team Games Tournament (TGT) towards Social Skills.Creative Education, 10(12).

Kaif, S. H. 2022. Strategi Pembelajaran (Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Dapat Diterapkan Guru). Inoffast Publishing Indonesi.

Komariah dan Cepi Triatna, 2005.Visionary Leader Ship Menuju Sekolah Efektif, Bandung: Bumi Aksara.

Koerniantono, Kako. 2018. "Strategi pembelajaran." SAPA: Jurnal Kateketik Dan Pastoral 3.1 .

Ratri, Safitri Yosita. 2018. “Digital Storytelling pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar”, Jurnal Pena Karakter Vol. 1 No.1.

Ramayulis. 2013. Profesi dan Etika Keguruan, Jakarta: Kalam Mulia.

Salam, Rudi. 2017. “Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran IPS”, HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PkN Vol.2 No.1.

Sardiman, M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Seran, Eliana Yunitha. 2018. “Efektivitas penggunaan strategi Information Search dalam Mata Pelajaran IPS di Kelas Rendah Sekolah Dasar Negeri 4 Mensiku Sintang-Kalimantan Barat”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No.1.

Susilowati, Diah. 2022 “Strategi Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS”, Jurnal Proceeding STEKOM Vol.2 No.2.

Tayeb, T. 2017. Analisis dan manfaat strategi pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2).

Yuliani, Wiwin . 2018.“ Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling”, Jurnal Quanta Vol. 2 No. 2.

Yusnaldi, Eka. 2019. "Potret Baru Pembelajaran IPS”, Medan: Perdana Publishing.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

24-12-2023

How to Cite

Yusnaldi, E., Aulia, D., Handayani, N., Suhaila, N., Sari, I., & Sukma, D. P. (2023). Strategi Gurudalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Keefektifan Belajar Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30127–30132. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11865

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check