Pengembangan Media Cacing Magnet Geometri Game untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Depi Afriani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
  • Febrialismanto Febrialismanto Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
  • Enda Puspitasari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia

Keywords:

Media Cacing Magnet Geometri Game, Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan  menghasilkan media untuk meningkatkan  kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun. Mengetahui kelayakan media cacing magnet geometri game dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1). Potensi dan masalah, 2) pengumpulan data atau informasi, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk dan 6) uji coba produk.Hasil penelitian menujukan dari penilaian validator pada penilaian media mendapatkan rata-rata persentase 95%  dengan kategori layak. Hasil penilaian dari validator pada penilaian materi mendapatkan rata-rata persentase 92% dengan kategori layak. Dan uji coba produk dengan uji coba terbatas kepada 3 orang anak dari pengamatan peneliti bahwa dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Maka dari itu secara keseluruhan produk media Cacing Magnet Geometri Game yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun.

References

abyati, H. (N.D.). Pengembangan Media Box Of Number Berbasis Tematik Untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini Kelompok A Di Ra Asy-Syakur Cirebon.

Guslinda; Rita Kurnia. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakad Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Purnomo Hadi Susilo,2018.Media Pembelajaran Berbasis It Sebagai Inovasi Pembelajaran Pada Jenjang Taman Kanak-Kanak.Http://Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Ridha Mentari Dwansi.2017.Pengenalan Geometri Anak Usia Dini Melalui Manifulatif.(Online)Http://Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id(Diakses 20 Maret 2019).

Rita Eka Izzaty,Dkk.(2008).Perkembangan Peserta Didik.Yogyakarta:Uny.

Rita Kurnia.2012.Konsep Bermain Dan Menumbuhkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini.Jurnal Educhild Pendidikan,Sosial Dan Budaya.Pg-Paud Fkip Universitas Riau.

Rostina Sundayana.2014.Statistika Penelitian Pendidikan.Alfabeta. Bandung.

Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif,Dan R&D. Alfabeta.Bandung.

Sujiono Dan Yuliani Nurani.2009.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Pt Indeks.Jakarta Barat.

Sunarto,B Dan Agung Hartono.2013.Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta.Jakarta.

Tarigan,Daitin.(2006).Pembelajaranmatematikarealistik.Jakarta:Departemen. Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

04-06-2021

How to Cite

Afriani, D. ., Febrialismanto, F., & Puspitasari, E. . (2021). Pengembangan Media Cacing Magnet Geometri Game untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1890–1899. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1197

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check