Pengembangan Media Smart Number Game untuk Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Sri Masitah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
  • Ria Novianti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
  • Enda Puspitasari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia

Keywords:

Konsep bilangan, Smart Number Game

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan media Smart Number game untuk pengenalan konsep bilangan anak usia 4-5 tahun; 2) mengetahui kelayakan media Smart Number Game untuk pengenalan konsep bilangan anak usia 4-5 tahun, dengan rumusan masalah: 1) Bagaimanakah mengembangkan media Smart Number Game untuk pengenalan konsep bilangan anak usia 4-5 tahun?; 2) Bagaimanakah kelayakan media Smart Number Game untuk pengenalan konsep bilangan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun atau kelompok TK A dan instrumen yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan media Smart Number Game. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah: 1) telah dikembangkan media Smart Number Game untuk pengenalan konsep bilangan anak usia 4-5 tahun; 2) kelayakan media Smart Number Game untuk pengenalan konsep bilangan anak usia 4-5 tahun yang telah dikembangkan adalah “layak” dengan: (1) jumlah skor rata-rata validasi ahli materi adalah 3.3 dengan kategori “baik” dan konversinya “layak”. (2) jumlah skor rata-rata validasi ahli media adalah 3.5 dengan kategori baik dan konversinya “layak”.

References

Berda Asmara. 2017. Penggunaan Media Jam Pintar Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan 1-20 Pada Anak Kelompok B Di TK Khadijah Wonokromo Surabaya. (online). 2(1). http://scholar.google.co.id/scholar?as_ylo=konsep+bilangan&hl=id&as_sdt=0,5. (diakses 17 Maret 2020)

Claudia Eliason. 2015. Pratical Guide To Early Childhood Curriculum. Pearson Merrill. Prentice Hall

Kristiawati Sitompul, 2020. Meningkatkan Perkembangan Kognitif dalam mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Memancing Angka di TK Kembar Lestari Jambi. (online).http://scholar.google.co.id/scholar?as_ylo=konsep+bilangan&hl=id&as_sdt=0,5. (diakses 30 juni 2020)

Ria Novianti. 2012. Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Educhild 1(1):22. FKIP. Universitas Riau

Downloads

Published

04-06-2021

How to Cite

Masitah, S. ., Novianti , R. ., & Puspitasari , E. . (2021). Pengembangan Media Smart Number Game untuk Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1900–1909. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1198

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check