Nilai-Nilai Moral, Budaya, dan Religius dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2018 Doa yang Terapung

Main Article Content

Fitriani Fitriani
Yessi Fitriani
Arif Ardiansyah

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai moral, budaya dan religius dalam kumpulan cerpen pilihan Kompas 2018 Doa yang Terapung? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya nilai-nilai moral, budaya, dan religius pada kesepuluh cerpen yang diambil serta dijadikan sebagai data penelitian. Nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerpen-cerpen tersebut adalah nilai moral yang terkandung dalam hubungan manusia dengan dirinya sendiri, nilai moral yang terkandung dalam hubungan manusia dengan manusia lain, nilai moral yang terkandung dalam hubungan manusia dengan masyarakat, dan nillai moral yang terkandung dalam hubungan manusia dengan Tuhan. Nilai-nilai budaya yang terdapat dalam cerpen-cerpen tersebut adalah wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat daan wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia. Serta, nilai-nilai religius yang ditemukan dalam cerpen-cerpen tersebut adalah penyerahan diri, tunduk, dan taat, mengakui kebesaran Tuhan, dan perasaan berdosa

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriani, F., Fitriani, Y., & Ardiansyah, A. . (2021). Nilai-Nilai Moral, Budaya, dan Religius dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2018 Doa yang Terapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2018–2026. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1213
Section
Articles of Research

References

Emi. (2017). Nilai Moral dan Nilai Budaya dalam Novel Kelopak Cinta Kelabu Karya Suhairi Rachmad dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMP. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Erwanto., & Emilia, C. (2020). Nilai Budaya dan Moral dalam Tradisi (Lisan) Muayak pada Acara Sunatan Masyarakat Banding Agung OKU Selatan (Sumatera Selatan). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 13(2): 139-144.

Jumaiyah. (2014). Nilai-nillai Religius, Edukatif, dan Budaya dalam Novel Khadijah karya Sibel Eraslan. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Leha, N. (2017). Kajian Nilai Religius pada Madihin Karya John Tralala. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra. ISSN: 2599-0519.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhayati. (2012). Pengantar Ringkas Teori Sastra. Yogyakarta: Media Perkasa.

Parapat, L. H. (2019). Buku Ajar Sastra dan Budaya Lokal untuk Perguruan Tinggi. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Pradopo, R. D. (2001). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hinindita.

Rahmawati, E., & Ferdian, A. (2019). Nilai-Nilai Moral Novel Peter Karya Risa Saraswati dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 7(1): 52-64.

Ramadhanti, D. (2018). Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Setiawati, E. (2017). Kajian Struktural dan Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Kompas 2015 serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah. 7(2): ISSN: 2549-2594.

Subur. (2015). Pembelajaran Nilai Moral. Yogyakarta: Kalimedia.

Surastina. (2018). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Susanto, D. (2016). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Wahab, R. (2015). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widiastuti, R. (2012). Analisis Nilai-Nilai Religius dalam Novel Samudera Hati Karya An’Amah Ana FM. 18(3): 447-455.