Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD

Main Article Content

Silvina Andrianto
Neviyarni Neviyarni
Irdamurni Irdamurni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKPD) berbasis teka-teki silang untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D, yaitu define, design, develop dan disebarluaskan. Penelitian ini dibatasi pada model 3D yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan tema 9 Kaya di Negeriku. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar kepraktisan (angket respon guru). Pada proses validasi, LKS divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli desain dan 1 ahli bahasa. Dalam proses kepraktisan, LKPD diujikan oleh 1 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKS untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD menghasilkan LKPD yang memenuhi criteria sangat valid dengan persentase penilaian 91,3% dan memenuhi criteria sangat praktis dengan persentase 97,1%. Dengan aspek validasi materi valid (86,7%), desain sangat valid (97,1%), dan aspek kebahasaan sangat valid (90%). Sedangkan aspek praktis isi materi sangat praktis (100%), desain teknis sangat praktis (100%), penggunaan media sangat praktis (100%), komunikasi cukup praktis (100%), dan pengemasan. Formatnya sangat praktis (100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD valid dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar di kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Andrianto, S., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2525–2526. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1224
Section
Articles of Research

References

Azizah, Isnaini Nur. 2017. Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial dengan Model Pengembangan Thiagarajan. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 1. Nomor 2.

Elwi, Lara Cesilia. 2017. Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA.Jurnal Pillar of Physics Education.Volume 9, Hal 97-104.

Karmila, K. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6 (2). 102-112.

Oktavia, Aries. 2018. ”Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Untuk Materi Struktur Bunga dan Fungsinya Siswa Kelas IV SDN Ngerombot Kabupaten Nganjuk“. Artikel Skripsi Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sari, Kurnia Puspita. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education Pada Pembelajaran Matematika Materi Volum dan Balok Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 55 Air Pacah. Skripsi Padang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bung Hatta.

Setywan. 2017. “Langkah-langkah dalam membuat teka-teki silang”. Jurnal Inspirasi Belajar Mengajar Era Digital (Online)”. Volume 2 Nomor 1.Hlm 2.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>