Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Mengamati Perkembangan Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Aulia Alfirzan
Neviyarni Neviyarni
Irdamurni Irdamurni

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji secara menyeluruh perkembangan pada diri siswa ketika pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model Talking Stick. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil dari pengamatan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick mampu meningkatkan perkembangan diri siswa yang salah satunya terlihat bahwa partisipasi belajar siswa semakin meningkat karena dalam pembelajaran siswa dituntut aktif, imajinatif dan berani mengungkapkan pikirannya berdasarkan materi yang telah dipelajari. Melalui model ini guru dapat melihat setiap perkembangan masing-masing siswa yang menunjukkan ke arah positif ataupun negatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum perkembangan siswa tidak terlalu menyimpang ketika pembelajaran berlangsung, namun masih perlu diberikan pengarahan dan motivasi yang lebih kuat lagi kepada para siswa agar perkembangannya kedepan lebih baik dan mampu memberikan perubahan dalam lingkungan belajar baik itu di sekolah, rumah ataupun pada lingkungan masyarakat di sekitar siswa tinggal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alfirzan, A., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Mengamati Perkembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2584–2589. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1230
Section
Articles of Research

References

Danim, S. (2002). Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hurlock B, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Vol 2. Jakarta: Erlangga.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Jannah, Miftahul. 2010.Psikologi Anak, Terj. Yogyakarta:Pustaka Pelajar Cet. 1.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, Cet. Ke-II.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suhandani, D., & Julia, J. (2014). “Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar”, 1(2), 128-141.

Sujiono, Bambang dan Yuliani Nurani Sujiono. 2005. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Tadjuddin, Moh. 2004. Batas Bahasaku Batas Duniaku. Bandung :PT. Alumni

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana.

Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Syamsu. 2008. Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: Remaja Rosdakarya

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>