PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 25 PEKANBARU

Main Article Content

Welinawati Welinawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis (KPM) siswa terhadap pembelajaran Matematika pada materi Segitiga dan Segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VII1 SMPN 25 Pekanbaru melalui penerapan model Discovery Learning semester genap tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Segiempat dan Segitiga. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII1 SMPN 25 Pekanbaru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP, dan LKS, sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan dan perangkat tes KPM. Lembar pengamatan digunakan untuk memperoleh data aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang selanjutnya akan dianalisis secara kualitatif, dan perangkat tes KPM digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan pemahaman matematis siswa yang selanjutnya akan dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan analisis data aktivitas guru dan siswa setelah menerapkan pembelajaran dengan model Discovery Learning, dapat disimpulkan bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran pada setiap siklusnya. Analisis data kemampuan pemahaman matematis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan KPM siswa pada siklus kedua. Rata-rata skor tes KPM siswa pada siklus I sebesar 64,04 meningkat menjadi 84,04 pada siklus II. Peningkatan rata-rata nilai KPM peserta didik juga terjadi pada setiap indikator KPM, yaitu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep yang telah dipelajari dan mengaitkan kembali berbagai konsep yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model Discovery Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan dapat meningatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VII1 SMPN 25 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Welinawati, W. (2018). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 25 PEKANBARU. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1401-1428. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/125
Section
Articles

References

Abdul Qohar. 2009. Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Pembelajaran dengan Model Reciprocal Teaching. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Angga Murizal, dkk. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): 19-23. FMIPA UNP. Padang.
Asmar Bani. 2011. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Jurnal Pendidikan. Khusus(1). SPS UPI. Bandung.
Arikunto, S., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta
BSNP, 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud. Jakarta.
Djamarah dan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta
Harja. 2012. Pemahaman Konsep Matematis. Prosiding Seminar Nasional. FKIP Universitas Sriwijaya. Sriwijaya.
Heny Irawati. 2014. Pengaruh Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. STKIP Siliwangi. Bandung.
Herdian. 2010. Kemampuan Pemahaman Matematika. (Online), https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman matematis/ (diakses 08 Desember 2017).

Iskandar Zulkarnain & Soraya Djamilah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika 3(1): 105-117. FKIP Universitas Lambung Mansgkurat. Banjarmasin.
Isma Hasanah. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi tidak dipublikasikan. UIN Syarif Hadiyatullah. Jakarta.
Jarnawi Afgani D. 2011. Analisis Kurikulum Matematika. Universitas Terbuka. Jakarta.
Kemendikbud. 2014c. Pengembangan RPP Di SMA Tahun 2014. Kemendikbud. Jakarta.
___________. 2014d. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.
Kemendikbud. Jakarta.
___________. 2016a. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Kelas VII. Kemendikbud. Jakarta.
Kipatrick, J., Swafford, J & Findell, B. (Eds). 2001. Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Leo Adhar Effendi. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan 13 (2). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Ma’sum, Ali. 2013. Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung. (Online), (http://ejurnal.stkipjb.ac.id/index.php/AS/article/viewFile/197/133 diakses 7 Januari 2018)
Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. CV. Alfabeta. Bandung.
Nila Kusumawati. 2008. Pemahaman Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional. Universitas PGRI. Bandung.
M. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor.
Ratna Wilis Dahar. 2010. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga. Jakarta.
Ratumanan, T. G. 2004. Belajar dan Pembelajaran edisi kedua. Unesa University Press. Semarang.
Ridwan Abdullah Sani. 2010. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.
__________________. 2013. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga. Jakarta
Roestiyah, NK. 1998. Metode Pembelajaran. Jakarta.
Sumarmo, U. 1987. Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa SMA Dikaitkan dengan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi padaPascasarjana IKIP Bandung: tidakditerbitkan
Sumiyati Rasid. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individuallization (TAI) Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 5(1): 1-52. FKIP Universitas Khairun. Ternate.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Syafruddin Nurdin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Raja Grafindo. Jakarta.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajar-an Inovatif
Progresif. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Utari Sumarmo. 2013. Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Uzer Usman. 2006. Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosda Karya. Bandung
Wina Sanjaya. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta