MENGGUNAKAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR BIOLOGI METABOLISME UNTUK SISWA KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR

Main Article Content

Esweti Esweti

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas di SMA Negeri 1 Kampar Timur pada mata pelajaran Biologi dengan objek penelitian siswa kelas XII IPA 2 pada semester ganjil 2017/2018. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan belajar biologi pada pokok bahasan metabolisme  untuk siswa kelas XII IPA 2. Model pembelajaran Peta Konsep dipilih untuk diterapkan setelah melalui hasil observasi dan refleksi yang dilakukan oleh peneliti. Peneliti merencanakan tindakan berdasarkan hasil observasi dan refleksi yang telah dilakukan melalui penyusunan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran Peta Konsep yang terdiri dari soal-soal tes (ulangan), lembar observasi dan rencana pembelajaran serta perangkat pembelajaran pendukung lainnya. Model pembelajaran Peta Konsep terdiri dari 3 tahap utama yaitu: siswa membuat konsep, mendiskusikan, dan menjawab pertanyaan. Penelitian ini dapat diselesaikan dalam 2 siklus 6 kali pertemuan dan dua kali ulangan harian. Hasil penelitian yang merupakan data observasi dan rekapitulasi hasil tes (ulangan) dan rekapitulasi ketuntasan belajar menunjukkan telah terjadi peningkatan aktifitas belajar siswa yang positif di kelas dan peningkatan rerata tes (ulangan) serta peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus 1 dengan siklus 2. Aktifitas siswa selama proses pembelajaran diamati oleh observer sebagai data untuk melakukan evaluasi dan refleksi. Rekapitulasi rerata tes (ulangan) dan ketuntasan belajar didapat dari nilai ulangan harian I dan ulangan harian II yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Peta Konsep di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kampar Timur mampu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Biologi yang ditunjukkan dengan rerata tes (ulangan) dan ketuntasan klasikal disetiap siklus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Esweti, E. (2018). MENGGUNAKAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR BIOLOGI METABOLISME UNTUK SISWA KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1445-1459. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/127
Section
Articles

References

Agung Nugroho dan Irwan Nugraha. 2008. Bertualang di Dunia Kimia. Pustaka Insan Madani. Yogakarta.
Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo. Yogyakarta.
Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Gava Media. Yogyakarta
Eggen, Paul dan Kauchak, Don. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Indeks. Jakarta
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohammad. 2012. Belajar dengan pendekatan PAIKEM. Bumi Aksara. Jakarta
Hartono, Sri Murhayati, Helmiati, Promadi, Zulhidah, Akbarizan. 2012. PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif dan Menyenangkan. Zanafa. Pekanbaru.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu A. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.Yogyakarta.
Houten, Van J. 2009. Jeopardy In The Inorganic Classroom Teaching Descriptive Chemistry Using a Television Game Show Format. Journal of Springer Science and Business Media : 11-17.
I Gusti Ayu Arista Widari. 2013. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IVA SDN Sesetan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan Vol. 3(2): 189-212.
Made Wena. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara. Jakarta
Mabrouk Ann Patricia. 1996. An Exciting Approach to Student Learning in Analytical Chemistry: It’s Jeopardy. Journal Springer Vol 1 (3): 1-8
Ridwan Abdullah Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Rosi Anjarwati dan Dian Anik C. 2016. Pembelajan. Jeopardy Games: Sebuah Permainan Untuk Meningkatkan Penguasaan English Grammar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 23-24 April 2016. STKIP PGRI Jombang. Jawa Timur.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Silberman, Melvin. 2014. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani. Yogyakarta
Simkin Mark G. 2013. Playing Jeopardy in the Classroom: An Empirical Study. Journal of Information Systems Education Vol. 24(3): 203-210.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta
Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta
Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Erlangga. Jakarta
Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia group. Jakarta.
Vinitia dan Joan. 2004. Active Learning with Jeopardy. Journal of Management Education Vol. 28(1): 104-118.
Wina Sanjaya. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Prenada Media Group. Jakarta