Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualized (TAI) pada Tematik Terpadu di SD

Authors

  • Yuliarti Fira Hasandi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Mai Sri Lena Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Cooperative Learning tipe TAI, Hasil Belajar Tematik Terpadu

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan adanya peningkatan terhadap siswa dengan digunakannya model Team Assisted Individualized (TAI) pada kelas V SDN 04 Cupak. Penelitiannya berjenis PTK serta digunakannya pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Penelitian ini meunjukan hasil: penilaian  terhadap  Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  disiklus  I    84,65%  lalu  meningkat disiklus II 94,40%, penilaian terhadap aspek guru  disiklus  I  80,5% lalu meningkat disiklus II 91,60%, sedangkan pada aspek murid di siklus I 77,75% dan juga siklus II 88,80%,. Penilaian pengetahuan serta keterampilan hasil belajar siswa dimana di siklus I 74,09 dan siklus II 84,38%. Penilaian sikap  siswa pada siklus  I dikategorigan baik  lalu  terjadi  peningkatan di  siklus  II menjadi  lebih  baik,  sedangkan  persentase  ketuntasan  pada  siklus  I 48%  dan  siklus  II  naik menjadi 90%. Berdasarkan paparan diatas bisa diambil kesimpulan bahwa penelitian dengan digunakannya model Team Assisted Individualized ini  dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar.

References

Abidin, Zainal dan Sumarnur Ijrah. 2018. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Gugus IV Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, 2 (2), 1-9 di akses pada tanggal 2 Januari 2021.

Asma, Nur. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press Padang.

Emzir.2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitaif dan Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Fiterani, Ida dan Suarni. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Dan Implikasinya Pada Pemahaman Belajar Sains Di SD/MI (Studi PTK di Kelas III MIN 3 Wates Liwa Lampung Barat). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 3 Nomor 2 di akses pada tanggal 22 Desember 2020.

Lena, M. S., Netriwati, Aini, N. R. (2019). Metode Penelitian. Purwokerto: CV IRDH

Kunandar. 2016. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta :Rajawali Press.

Moteong, Lexy J. Metodologi penilitian Kualitatif. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Rusman.2011.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Uno, Hamzah B, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

01-07-2021

How to Cite

Hasandi, Y. F. ., & Lena, M. S. . (2021). Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualized (TAI) pada Tematik Terpadu di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2661–2667. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1275

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check