Meniti Puncak Prestasi: Ketercapaian Standar Mutu JSIT di SD IT Adzkia 2 Padang sebagai Fondasi Keunggulan Pendidikan

Authors

  • Monita Utami Pendidikan Dasar S2, Universitas Adzkia, Indonesia
  • Yulia Yulia Pendidikan Dasar S2, Universitas Adzkia, Indonesia
  • Ike Krisnawati Pendidikan Dasar S2, Universitas Adzkia, Indonesia
  • Rahmatul Hayati Pendidikan Dasar S2, Universitas Adzkia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12765

Keywords:

Prestasi, Standar Mutu JSIT, Faktor Internal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketercapaian standar mutu JSIT di SD IT Adzkia 2 Padang agar dapat menghasilkan pendidikan yang unggul dan peserta didik yang berprestasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Perencanaan kurikulum dirancang sesuai dengan visi misi sekolah dan standar mutu JSIT. Pelaksanaan kurikulum dijabarkan dengan program sekolah yang rinci disertai kalender pendidikan yang disesuaikan dengan kalender Dinas Pendidikan, kebijakan Yayasan dan rencana kegiatan sekolah. Faktor yang menghambatnya yaitu masih ada guru yang tidak linear dengan pekerjaannya sekarang. Solusi yang diambil meliputi: pembinaan guru dan karyawan secara rutin, pembinaan ruhiyah, mengangkatkan kegiatan workshop yang diadakan setiap bulannya, adanya kegiatan guru berbagi pengalaman, adanya Kelompok Kerja Guru (KKG), dan kegiatan unggulan sekolah. Hasil evaluasi ketercapaian standar mutu JSIT yang diselenggaran oleh Yayasan Adzkia terhadap SD IT Adzkia 2 Padang pada aspek standar kompetensi lulusan 94% , standar isi 100%, standar Pendidikan agama islam 100%, standar pembinaan Peserta didik 100%, standar proses 100%, standar penilaian 100%, standar kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan 96%, standar sarana dan prasarana 86%, standar pengelolaan 100%, standar pembiayaan 98%, dan standar Kerjasama 86%. Rata-rata ketercapaian standar mutunya adalah 96%. Hasil evaluasi ini mendapatkan hasil yang sangat baik, hal ini berdapak pada meningkatnya prestasi siswa, tidak hanya di tingkat provinsi, tapi juga di tingkat nasional.

References

Azhar, J. N., & Mawardi, I. (2022). Persepsi stakeholder terhadap integrasi kurikulum berbasis full day school di SDIT Cahaya Insani Temanggung. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 424-437.

Li'amanah, S. I. T. I. (2021). Implementasi Standar Mutu Jaringan Sekolah Islam Terpadu (Jsit) Indonesia Empowering Islamic School Di Sdit Al Uswah Tuban Dan SDIT Insan Permata Bojonegoro (Doctoral Dissertation, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro).

Kadarin dkk. 2014. model kurikulum pendidikan agama islam di SD IT Al-ANWAR. Semarang: Edukasi Volume 12, nomor 1

Nurkhalizah, E., & Junaedi, A. (2023). Pelaksanaan Program BPI Sebagai Sarana Dakwah Guru Dalam Rangka Menginternalisasi Nilai Pendidikan Akhlak Di SDIT Harapan Umat Karawang. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 63-72

Purnamasari, F.D. 2023. Strategi Brand image melalui pengembangan program pendidikan unggul ( studi khasus di SDIT). IAIN Ponorogo.

Purwanto, A. (2022). Pengembangan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(1), 335-342.

Suyatno. 2013. Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Islam, Volume II, Nomor 2

Tim JSIT.2023. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta: JSIT Indonesia.

Suyatno. 2013. Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Islam, Volume II, Nomor 2

Tim JSIT.2023. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta: JSIT Indonesia.

Tim JSIT. 2017. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta: JSIT Indonesia.

Downloads

Published

13-01-2024

How to Cite

Utami, M., Yulia, Y., Krisnawati, I., & Hayati, R. (2024). Meniti Puncak Prestasi: Ketercapaian Standar Mutu JSIT di SD IT Adzkia 2 Padang sebagai Fondasi Keunggulan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2435–2441. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12765

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check