Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 23 Tanjung Bingkung Kabupaten Solok

Main Article Content

Yasril Yasril

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa melalui pendekatan inkuiri di kelas V SDN 23 Tanjung Bingkung. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan Kelas (PTK).  Yang menjadi subyek dalam PTK ini adalah  siswa kelas V SDN 23 Tanjung Bingkung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok sebanyak yang berjumah 17 orang, yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian yang terdiri dan empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Dari uraian di atas dapat diihat dari hasil pengamatan siklus I dengan rata-rata 6,6 dengan ketuntasan hasil belajar 58,82 %   masih agak kurang, maka pelaksanaan siklus II  rata – rata 7,8 dan ketuntasan hasil belajar 88,23 % sudah baik dan guru sudah berhasil menggunakan Pendekatan inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran sifat-sifat cahaya pada kelas V SDN 23 Tanjung Bingkung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yasril, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 23 Tanjung Bingkung Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2756–2763. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1296
Section
Articles of Research

References

Amin, Muhammat.1990. Mengerjakan Ilmu Pengetahuan (IPA) dengan Menggunakan Pendekatan Discoveri dan Inkuiri. Jakarta: Depdiknas Direktorat jendral Pendidikan Tinggi P2LPTK.

Gulo,W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hamalik. 2004. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung. CV. Sinar Baru Algensindo.

Mulyasa.E.2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. 1995. Dasar-dasar Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Wina Sanjaya. 2012. Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.