Analisis Bullying pada Anak Panti Asuhan Usia 0-6 Tahun di Panti Asuhan Ar-Rahim Pekanbaru

Authors

  • Annisa Artanti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
  • Ria Novianti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
  • Zulkifli N Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia

Keywords:

bullying, panti asuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bullying yang terjadi pada anak panti asuhan berusia 0-6 tahun di Panti Asuhan Ar-Rahim Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakann adalah metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Ar-Rahim Pekanbaru mnggunakan metode rancangan analisis data model interaksi yaitu: Reduksi Data, Data Display, dan Menarik Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan kemudian dilakukan Reduksi Data yaitu proses mencari dan menata data mengenai macam-macam bullying yang terjadi, Kemudian data tersebut ditelaah sesuai dengan fokus dan tujuan penelitian, sehingga diketahui kecenderungan-kecenderungan yang terjadi dalam rangka menemukan makna. Selanjutnya Data Display, setelah data di reduksi disajikan untuk dianalisis atau disimpulkan sementara, tetapi analisis yang dilakukan masih berupa catatan untuk kepentingan peneliti sebelum disusun dalam bentuk laporan. Langkah selanjutnya adalah penarikan kesimpulan berdasarkan temuan dan melakukan verifikasi data. Setelah dilakukan Reduksi data, Data display dan penarikan kesimpulan, peneliti mendapatkan hasil penelitian yaitu adanya bullying yang terjadi pada anak usia 0-6 tahun di panti asuhan Ar-Rahim Pekanbaru.

References

Ahmad Muslih dkk. 2018. Analisis Kebijakan Paud Mengungkap Isu-Isu Menarik Seputar Paud. Jawa Tengah: Penerbit Mangku Bumi.

Albi Anggito dan Setiawan Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV. Jejak.

Anandar dkk. 2015. Dukungan Sosial Terhadap Anak Jalanan di Rumah Singgah. Share Social Work Jurnal. 5 (1):1

Andri Priyatna. 2010. Lets End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Anggraini, Icke Lutfi. 2019. Nilai-Nilai Islam dalam Serial Animasi Nussa. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Institut Agama Islam Negeri.

Astuti, Retno Ponny. 2008. Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: PT. Grassing.

Bagong Suyanto. 2010. Masalah Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Brank M Eve et al. 2012. Bullying. Anual Reviews.

Elvigro Paresma. 2014. Secangkir kopi bully. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Euis Tria. 2014. Studi Deskriptif Pengelolaan Pembelajaran Tematik dengan menggunakan pendekatan scientific di Kelas IV SDN 81 Kota Bengkulu. Skripsi Program Guru Pendidikan Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu.

Grimaldy dkk. 2017. Efektivitas Jurnal Kebahagiaan dalam Meningkatkan self esteem pada Anak Jalanan. Inquiry Jurnal Ilmiah Psikologi. 8 (2):100-110.

Hakim, Nul Lukman. 2013. Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Pusat Pengkajian, Pengolahan data dan Informasi (PD3I) Sekretariat Jendral DPR RI. 4(2).

Hamjah Bonso. 2017. Efektivitas Network Governance dalam Pembuatan Peraturan Daerah di Provinsi Papua. Skripsi Program Studi Magister Ilmu Pemerintaha, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Herlina Astri. 2014. Kehidupan Anak Jalanan di Indonesia: Faktor Penyebab, Tatanan Hidup, dan Kerentanan Berprilaku Menyimpang. The Live of Street Children: Causative Factors, Way Of Life and Vulnerability to Have Deviant Behaviour. 5 (2).

Hidayat, Arif M dkk. 2017. Pendidikan Non Formal dalam Meningkatkan Keterampilan Anak Jalanan. Edudeena. 1(1):31-42.

Ibnu Aribowo. 2009. Upaya Pemberdayaan Anak Jalanan Melalui Rumah Singgah Diponegoro Yogyakarta. Dimensia. 3(1).

Kurnia Imas. 2016. Bullying. Yogyakarta: Relasi Inti Media

Levine Emily, Tamburrino Melissa. 2014. Bullying Among Young Children: Strategies for Prevention. 42:271–278

Mahir Pradana dan Reventiary Avian. 2016. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade ( Studi di Merek Dagang Customade Indonesia ). Jurnal Manajemen. 6(1).

Maria Ilga, Novianti Ria. 2017. Pengaruh Pola Asuh dan Bullying Terhadap Harga Diri (Self Esteem) pada Anak Kelompok B Tk di Kota Pekanbaru Tahun 2016. 6 (1) : 61-69

Muh Fitrah dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat: CV. Jejak.

Novianti Ria. 2018. Orang Tua Sebagai Pemeran Utama Dalam Menumbuhkan Resilensi Anak. 7 (1) : 26-33

Permata Dian Sari dan Sumarti Titik. 2017. Analisis Efektivitas Program Pemberdayaan Anak Jalanan di Rumah Singgah Tabayun Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. 1 (1):29-42.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,cv.

Surilena. 2016. Perilaku Bullying (Perundungan) pada Anak dan Remaja.article – untuk Jurnal Ilmiah.43 (1).

Sweawer M Susan, Hymel Shelley. 2015. Understanding the Psychology of Bullying Moving Toward a Social-Ecological Diathesis–Stress Model. 70 (4) : 344-353

Titi Keke dkk. 2019. All About Bully. Jakarta Selatan: Rumah Media.

Tjutjup Purwoko. 2013. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keberadaan Anak Jalanan di Kota Balikpapan. eJournal Sosiologi. 1(4).

Walujo, Adi Djoko dan Listyowati Anies. 2017. KompendiunPendidikan Anak Usia Dini. Depok : Prenadamedia Group.

Zakiyah, Zain Ela dkk. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM. 4 (2) : 129-389.

Downloads

Published

09-07-2021

How to Cite

Artanti, A. ., Novianti , R. ., & N, Z. (2021). Analisis Bullying pada Anak Panti Asuhan Usia 0-6 Tahun di Panti Asuhan Ar-Rahim Pekanbaru . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2848–2857. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1309

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check