Penerapan Analisis Swot Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Seblak dan Baso Aci Wak Acan Pekanbaru)

Authors

  • Friska Andriani Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Nurul Nadia Tasa Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Siti Nurhasanah Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Sylvia Oktaviani Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Annie Mustika Putri Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

Abstract

Seblak dan Baso Aci Wak Acan merupakan salah satu usaha yang ada di Kota Pekanbaru. Usaha ini didirikan pada tahun 2018 dengan menu utama yang disajikan seblak dan baso Aci. Makanan yang berasal dari Jawa Barat ini, memberanikan diri untuk hadir di kuliner daerah Pekanbaru dengan dominan penduduk dari pulau Sumatera. Sukses menghadirkan cita rasa baru untuk lidah masyarakat Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan analisis SWOT terhadap strategi pemasaran pada usaha Seblak dan Baso Aci Wak Acan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini sendiri dapat disimpulkan bahwa usaha ini mempunyai peluang bagus dalam hal nama (branding) yang dikelola sendiri oleh pemiliknya, selain itu kedepannya harus lebih berinovasi dan lebih kreatif lagi dalam pengenalan menu-menu baru serta harus selalu menjaga kualitas dari bahan-bahan baku yang digunakan.

 

References

https://wakacan.com/

Luntungan, W. G. A., & Tawas, N. H. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado?: Analisis Swot Bambuden Boulevard Manado Marketing Strategy?: Swot Analysis. Emba, 7(4), 5495–5504.

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNA, 14(2), 102–209.

Putong, I. (2003). Teknik Pemanfaatan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri (A-SWOT-TSI). Jurnal Ekonomi & Bisnis, 2(8), 65–71. http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/491/1/PUTONG_65-71.pdf

Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. (2018). Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran ( studi McDonald ’ s Ring Road ) This research aims to identify and analyze the ma rketing strategy of McDoanald ’ s Ring Road by using the SWOT analysis consisting of Strength , Weakness. Sistem Informasi, 1(2), 1–5.

Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Produk Mandiri Tabungan Bisnis ( Tamara) 395. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 395–406.

Downloads

Published

13-07-2021

How to Cite

Andriani, F., Tasa, N. N. ., Nurhasanah, S. ., Oktaviani, S. ., & Putri, A. M. . (2021). Penerapan Analisis Swot Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Seblak dan Baso Aci Wak Acan Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2904–2910. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1317

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check