Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital

Main Article Content

Priscila Natalia Kezia

Abstract

Artikel ini ditulis menggunakan metode meta analisis. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pentingnya pendidikan karakter terkhusus di Sekolah Dasar pada era digital. Melihat perkembangan zaman sekarang banyak anak-anak yang menggunakan teknologi untuk hiburan dan kurang memiliki moral serta sosial yang kurang baik dimasyarakat. Maka dari itu, pendidikan karakter sangat diperlukan untuk membentuk generasi yang berkualitas dengan menumbuhkan rasa sikap yang bertanggungjawab dalam menggunakan perkembangan teknologi di era digital. Pendidikan karakter juga dapat  membuat perkembangan dimensi pada anak secara kognitif, fisik, sosial-emosional, kreativitas dan spiritual secara optimal. Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk dan membangun manusia yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, mematuhi aturan hukum, melaksanakan interaksi antar budaya, menerapkan nilai-nilai luhur budaya bangsa dan memantapkan landasan spiritual, moral dan etika sebagai kebanggaan bangsa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kezia, P. N. . (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2941–2946. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1322
Section
Articles of Research

References

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. BINTANG, 2(1), 35-48.

Arissah, E. PERAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SIKAP DISIPLIN ANAK SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITAL.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Halwa, H. (2021). Pentingnya pendidikan karakter pada siswa tingkat sekolah dasar di zaman serba digital.

Hariyanto, M. S. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 515-522. doi:https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR- RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.

Risna, I. PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN DI ERA DIGITAL. “Peran Pendidikan Berkebudayaan dalam Meningkatkan Karakter Anak Bangsa di Era Digital” ISBN: 978-623-90942-0-1, 1.

Sahronih, S. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Samani, M. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Cet. 3.

Trimantara, H. (2020, February). URGENSI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. In Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung (pp. 409-420).

Zidniyati, Z. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 41-58.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.