The Effect of Using Story Face Toward Students’ Reading Comprehension in Narrative Text At 9th Grade of MTs Muhammadiyah Padang Panjang

Authors

  • Dika Anisa Fitri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Loli Safitri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Irwandi Irwandi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Syahrul Syahrul UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13257

Keywords:

Story Face, Pemahaman Membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan story face terhadap pemahaman siswa dalam membaca teks narrative di kelas 9 MTs Muhammadiyah Padang Panjang. Ada beberapa masalah pemahaman bacaan siswa yang peneliti temukan selama penelitian pendahuluan. Pertama, beberapa siswa tidak mampu memahami teks yang baru saja mereka baca. Tampaknya mereka dapat membacanya, tetapi mereka tidak dapat memahaminya. Kedua, kosa kata siswa tampaknya menjadi masalah. Mereka tidak dapat menjawab pertanyaan karena mereka tidak tahu harus berkata apa. Salah satu strategi membaca teks naratif yang baik adalah dengan menggunakan story face. Story face membantu siswa untuk menemukan ide utama, karakter utama, masalah, peristiwa, dan solusi dalam setiap cerita yang dibaca siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental. Sampel penelitian ini adalah IX B yang dipilih dengan menggunakan sampel purposive. Instrumen penelitian ini adalah tes yang diberikan sebagai pre-test dan post-test. Tes terdiri dari 20 item dan merupakan tes pilihan ganda. Selanjutnya hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t yang diukur dengan menggunakan SPSS 20. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari wajah cerita terhadap pemahaman siswa dalam membaca teks naratif. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis statistik dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan dimana diperoleh t-hitung sebesar 8,376. Sedangkan t-tabel untuk df (N-2) 17 adalah 1,73. Artinya 8,376 > 1,73. Artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan story face terhadap pemahaman membaca siswa dalam membaca teks narrative.

References

Arikunto, Suharsimi, Dasar-DasarEvaluasi:Revisi, Jakarta; BumiAksar a, 2007, p.58

Gay, L.R, Educational Research: Competencies For Analysis and Applications, (United States: Pearson Educational, inc, 2012), p.122.

Helmina, Putri M. M. (2017). the Effect of Using Scrol Strategy Toward Students ’ Reading Comprehension on Hortatory Exposition Text At the Eleventh Grade of Sman 1. English.

Hossein Karami, Reading Strategies: What Are They?, (Iran: University of Tehran, 2008), p. 5.

Judith R, Brish.2011. Multisensory Teaching of Basic Language Skill. Paul H. Brookes Publish Co.

Margono.Metodologi Penelitian Pendidikan.(Jakarta:PT. Rineka Cipta.2007).p.118.

Nunan, David. 2003, Practical English Language Teaching, North America, McGraw Hill Contemporary…,p 74-78

R.Karen, Harris & Graham, Steve, Teaching Reading Comprehension to Students with Learning Difficulties, (New York: Guildford Press, 2007), p. 75.

S.John, Hedgcock and Dana R. Ferris, Teaching Readers of English: Students, Texts, and Contexts, (New York: Routledge, 2009), p. 301.

Septiani, D., & Safitri, L. (2021). Improving Students Reading Comprehension Of Procedure Text By Using Demonstration Method At Grade X IPA 1 SMAN 1 Candung. Indonesian Journal of Learning Studies, 81–86. https://dmi-journals.org/ijls/article/view/25

Staal, L. A. The Story Face: An Adaptation of Story Mapping that Incorporates Visualization and Discovery Learning to Enhance Reading and Writing. (The Reading Teacher, 54, 2000), p.26–31.

Downloads

Published

26-01-2024

How to Cite

Fitri, D. A., Safitri, L., Irwandi, I., & Syahrul, S. (2024). The Effect of Using Story Face Toward Students’ Reading Comprehension in Narrative Text At 9th Grade of MTs Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5538–5542. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13257

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check