Pengaruh Kepribadian Extrovert dan Introvert Terhadap Hasil Belajar Matematis di Kelas V SDN 21 Cindakir Kota Padang

Authors

  • Endang Wahyuni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Pringsewu , Indonesia
  • Afri Mardicko Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Pringsewu , Indonesia

Keywords:

exstrovert, introvert, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini berawal dari kepribadian siswa yang berbeda yang tentu akan mempengaruhi hasil belajar matematis. Hasil ini terlihat dari hasil observasi dan analisis data tes kemampuan masalah matematis yang diberikan kepada siswa kelas V SDN 21 Cindakir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepribadian terhadap hasil belajar matematis siswa kelas V SDN 21 Cindakir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 21 Cindakir. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 21. Instrumen yang digunakan adalah skala sikap, tes hasil belajar matematis. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi berganda. Statistik parametrik akan digunakan dikarenakan data memiliki sebaran normal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan. Pertama, hasil belajar matematis siswa yang mempunyai kepribadian extrovert tidak ada perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan hasil belajar matematis siswa yang berkepribadian introvert.

References

Fauzan, Ahmad. 2012. Modul 1 Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pemecahan Masalah Matematika. Evaluasimatematika.net: Universitas Negeri Padang.

Feist, Jess dan Feist, Gregory J. 2009. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Ghani, Mohd Zuri. 2008. Perbezaan Personaliti Ekstrovert dan Introvert dalam Kalangan Pelajar Pintar Cerdas Akademik (PCA) Berdasarkan Gender. Journal of Educational Computing Research, 23 (1) 111–122..

Hudojo, Herman. 2015. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Nizam. 2016. 22 Oktober. Pembelajaran Matematika Salah Konsep”. Padang Ekspress, hlm. 2.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajran Matematika Kontemporer. Padang: UNP.

Downloads

Published

17-07-2021

How to Cite

Wahyuni, E. ., & Mardicko, A. (2021). Pengaruh Kepribadian Extrovert dan Introvert Terhadap Hasil Belajar Matematis di Kelas V SDN 21 Cindakir Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2188–2193. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1346

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check