Pengaruh Manajemen Strategi dalam Permasalahan Ekonomi Terhadap Perkembangan UMKM Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Pada UMKM di Bidang Kuliner di Kota Pekanbaru)

Main Article Content

Dinul Fitria Nur Salim
Cindi Fatika Suci
Hardiningsih Hardiningsih

Abstract

Dimasa pandemi saat ini tidak sedikit orang yang kehilangan akan pekerjaannya. Banyak para pegawai swasta yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atas dasar pengurangan karyawan yang dikarenakan menurunnya profit yang didapat oleh perusahaan. Hal serupa juga di rasakan oleh beberapa para sektor usaha lainnya. Dikota Pekanbaru khususnya sektor usaha yang  menonjol yaitu usaha kuliner, hal ini dapat di lihat dari tingkat persentasi jumlah pengusaha kuliner yang semakin bertambah. Manajemen strategi yang baik sangat dibutuhkan dalam kondisi pandemi saat ini agar usaha yang digeluti dapat terus berkembang dan tidak mengalami kebangkrutan. Dengan berkembangnya usaha UMKM maka akan dapat meningkatkan perekonomian di kota Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitria Nur Salim, D., Fatika Suci, C., & Hardiningsih, H. (2021). Pengaruh Manajemen Strategi dalam Permasalahan Ekonomi Terhadap Perkembangan UMKM Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Pada UMKM di Bidang Kuliner di Kota Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3144–3150. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1362
Section
Articles of Research

References

Adiputra, I. P. P., & Mandala, K. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Kapabilitas Terhadap Keunggulan Kompetitif Dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen Unud, 6(11), 6090–6119.

A, Halim. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmah Ekonomi Pembangunan, 7.

Aznawi, Mizan. Novita Anggaraini. (2019). Faktor Pengaruh Usaha Bidang Kuliner Terhadap UMKM Di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Amwal, Vol. 8. No.2.

Chusna, Arfatul. (2017). Pengaruh Laju Pertumbuhan Sektor Industri, Onvestasi Dan Upah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 1980-2012..Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 2 No.3.

Hefniy & Refi Najwa Fairus (2019). Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kepegawaian. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 3 No. 1.

Feni Dwi Anggraeni, I. Hayat A. (2018). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil,Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha Emping Jagungdi Kelurahab Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang) . Jurnal Administrasi Publik , 3.

Hadi, Sofyan. (2019). Model Manajemen Strategi Dakwah Di Era Kontemporer. Al - Hikmah, Vol. 17. No.2.

Iskandar, Jamaluddin. (2017). Penerapan Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Madrasah. Jurnal Idaarah, Vol. 1 No. 2 .

Mona, Astuti,Zul Azmi & Ranti Darwin (2020). Pengaruh Competitor Accounting Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Organisasi. Research In Accounting Journal, Vol. 1. No.1.

Suryani, Evi. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Umkm (Studi Kasus : Home Industri Klepon Di Kota Baru Driyorejo). Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1 No.8.

Most read articles by the same author(s)