Pengembangan Permainan Card Number untuk Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1368Keywords:
Media Card Number, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 tahunAbstract
Matematika merupakan ilmu yang penting dalam kehidupan. Matematika menurut A Johnson dan Rising adalah pola berfikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logik. Matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai ide daripada mengenai bunyi. Kline mengatakan bahwa matematika itu bukanlah pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu untuk membantu manusia dalam memahami dan mengatasi permasalahannya Penelitian ini bertujuan menghasilkan media untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun. Mengetahui kelayakan media Card Number dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5tahun. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1). Potensi dan masalah, 2) pengumpulan data atau informasi, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk dan 6) uji coba produk. Hasil penelitian menujukan dari penilaian validator pada penilaian meteri mendapatkan rata-rata persentase 77,50% dengan kategori layak. Hasil penilaian dari validator pada penilaian media mendapatkan rata-rata persentase 80% dengan kategori layak. Dan uji coba produk dengan uji coba terbatas kepada 3 orang anak dari pengamatan peneliti bahwa dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Maka dari itu secara keseluruhan produk media Card Number Game yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5tahun. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari ADDIE . mengembangkan 5 tahapan, yaitu: 1. Analyze (mengumpulkan informasi) 2. Desain (mendesain konsep dari produk yang akan dibuat ) 3. Develompment (pengembangan ini adalah proses mewujudkan desain) . 4. Implemention (Uji coba produk). 5. Evaluation (Evaluasi Produk).
References
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Novan Ardy Wiyani. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014.
Raharjo. (2007). Cooperative Learning. Jakarta : Bumi Aksara.
Rita Kurnia. 2012. Modul Bermain dan permainan AUD. Pekanbaru UR
Simatupang, Nurhayati. 2005. Bermain Sebagai Upaya Dini Menanamkan Aspek Bagi Siswa Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3. No 1, 2005.
SlametSuyanto.2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Sriningsih, N. 2008. Pembelajaran Matematika terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Guslinda dan Rita Kurnia. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakad Publishing. Surabaya:cv. januari 2020).
Hindun Abyati. 2019. “Pengembangan Media Box Number Berbasis Tematik Untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini Kelompok A Di Ra Asy-Syakur Cirebon”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
Kemendikbud, 2014. Permendikbud No 137 Tahun 2014: Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Availabel at Https:// Permendikbud%20No.%20137%20Tahun%202014%20(Lampiran%201)%20Standar%20Isi%20PAUD.pdf.
Kemendikbud, 2014. Permendikbud No 146 Tahun 2014: Tentang Kurikulum 2013 PAUD. Availabel at Https://Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf.
Martinis, Jamaris. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Gramedia.
Moh.2013.Metode Penelitian.Bogor:Ghalia Indonesia.
Majid,L.B.(2012).Penerapan Nilai Murni dan Pembentukan jati diri kanak-kanak prasekolah melalui penggunaan multimedia (Integrating Noble Values and identity formation into kindegarten children through th use of multimedia). Jurnal hadhari special edition, 51-65. http//journal.ukmmy/jhadhari/article/download/1229/3906.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Nadya Ulva, Hukmi Hukmi, Enda Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).