Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Kelas V Tema 8 Subtema 2 SDN 101765 Bandar Setia T.A 2022/2023

Authors

  • Maya Indah Sari Siregar Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Laurensia M. Perangin-Angin Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Arifin Siregar Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Nurmayani Nurmayani Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Apiek Gandamana Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13735

Keywords:

Audio Visual, Smart Apss Creator, ADDIE, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk membuktikan efektivitas produk media audio visual berbasis Smart Apss Creator pada Kelas V Tema 8 Subtema 2 SDN 101765 Bandar Setia. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SDN 101765 Bandar Setia yang terletak di Jln.Perjuangan Bandar Klippa, Kec.Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Subjek dari penelitian dan pengembangan ini adalah 31 orang peserta didik kelas V SDN 101765 Bandar Setia dan juga guru kelas V (Lima). Objek dari penelitian ini adalah pengembangan media berbasis video berbasis animasi pada tema 8 subtema 2 pembelajaran 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membuktikan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis smart apss creator berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan minat belajar siswa, serta video edukasi cukup positif untuk digunakan dalam pembelajaran dan memenuhi kriteria “Sangat efektif”.

References

Agung, Leo, Nunuk Suryani. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Amir Hamzah. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development.. Malang: Literasi Nusantara Abadi

Amri, Sofan. (2013). Strategi dan Disain Pengembangan Sistem Pembelajaran.

Jakarta : Prestasi Pustaka Karya.

Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Buchari, M., Sentinowo, S., & Lantang, O. (2015). Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi Untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan. E-Journal Teknik Informatika, 6(1), 1–6. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Informatika/Article/View/9964/9 55 0

Daryanto, (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai TujuainPembelajaran, Yogyakarta: Gava Media.

Kemp dan Dayton. (1985:28). dalam kutipan Arsyad (2002) Media Pembelajaran.

Jakarta: PTRaja Garfindo Perasada.

Levie, W. H. and Lentz, R.. 1982. Effects of text illustrations: a review of research.

Educational Communication and Technology Journal, 30: 195- 232.

Muhajir, F. F., Tjahjono, B., &(2022). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada Mata Kuliah Pendidikan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). JTKSI (Jurnal Teknologi)

Prakoso, R. H., Suhandi, A., & Noviyanti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis AplikasiI Menggunakan Smart App Creator pada Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Jambi.

Purwanto, Joko. 2011. Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran.

Simanjuntak, W. F. M. (2022). Pengembangan Media Berbasis Interaktif Menggunakan Animaker Pada Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku Kelas IV SDN 104203 Bandar Khalipah TA 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung, Alfabeta,

Downloads

Published

17-02-2024

How to Cite

Siregar, M. I. S., Perangin-Angin, L. M., Siregar, A., Nurmayani, N., & Gandamana, A. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Kelas V Tema 8 Subtema 2 SDN 101765 Bandar Setia T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8891–8900. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13735

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check