Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas I SD N 05 Padang Pasir Kota Padang

Main Article Content

Novia Dwi Putri
Elvia Sukma
Tri Susilawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN 05 Padang Pasir dengan menggunakan model Talking Stick.Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (class room action research) dengan subjek penelitian siswa kelas I SDN 05 Padang Pasir, Padang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki empat komponen yaitu perencanaan, tindakan observasi, serta refleksi. Teknik penilaian berbentuk tes menulis permulaan menulis kalimat petunjuk tema lingkungan bersih sehat dan asri.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan menulis permulaan menulis kalimat petunjuk tema lingkungan bersih sehat dan asri yang ditandai dengan 80% siswa mencapai KKM yang telah ditetapkan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media model Talking Stick ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SDN 05 Padang Pasir. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil evaluasi siswa yang mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya. Rata-rata hasil tes menulis pada pratindakan sebesar 62,5. Siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 72,69. Peningkatan rata-rata hasil evaluasi menulis permulaan siswa dari pra tindakan ke siklus I sebesar 10,19. Pada siklus II rata-rata hasil evaluasi siswa meningkat menjadi 83,03. Hal itu menunjukkan bahwa rata-rata hasil evaluasi siswa meningkat lagi sebesar 10,34.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dwi Putri, N., Sukma, E., & Susilawati, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas I SD N 05 Padang Pasir Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1375
Section
Articles of Research

References

Ahmad Rofi’uddin & Darmiyati Zuhdi.(1998/ 1999).Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Tinggi. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Alben Ambarita. (2006). Manajemen pembelajaran. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorak Ketenagaan.

Dadan Djuanda.(2006). Pembelajaran bahasa Indonesia Yang Komunikatif Dan Menyenangkan.Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Direktorat Jenderal PendidikanTinggi.

Darmiyati Zuhdi & Budiasih.(1996/ 1997).Pendidikan Bahasa Dan Sastra Di Kelas Rendah. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Direktorat Jenderal PendidikanTinggi.

Haryanto, dkk. (2003). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Moh. Uzer Usman. (1995). Menjadi Guru Profesional.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenada Media Group.