Analisis Manajemen Strategi : Perbandingan Manajemen Strategis antara PT Campina Ice Cream Industry Tbk dan PT Diamond Food Indonesia Tbk

Main Article Content

Hanna Bella Pesta Saragih
Helkia Yohana Simanjuntak
Dean Fanny Yolanda
Putri Megawati
Annie Mustika Putri

Abstract

Strategi merupakan proses penyusunan langkah-langkah untuk masa depan perusahaan dengan membangun visi dan misi perusahaan. Dalam rangka menciptakan nilai terbaik yang berasal dari konsumen. Strategi yang telah ditentukan harus sesuai dengan tujuan perusahaan, sehingga akan membawa posisi perusahaan ke posisi yang terbaik. Fokus penelitian ini merujuk pada perusahaan industri ice cream dengan sampel yaitu PT Campina Ice Cream Industry  Tbk dan PT Diamond Food Indonesia Tbk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan strategi dengan menggunakan analisis SWOT antara PT Campina Ice Cream Industry Tbk dan PT Diamond Food Indonesia Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan analisis SWOT. Data yang digunakan adalah data sekunder. Dari penelitian ini dapat kita ketahui bahwa penerapan SWOT sangat diperlukan untuk dapat bertahan dalam peliknya persaingan dunia bisnis. Dari analisis ini dapat kita ketahui bahwa kedua perusahaan memiliki manajemen strategi masing masing untuk dapat bertahan, seperti pada analisa produksi, strategi yang dilakukan PT Campina Ice Cream Industry Tbk yaitu meluncurkan produk dengan varian rasa baru. Sementara, PT Diamond Food Indonesia Tbk berupaya untuk terus mempertahankan kualitas dari produk yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saragih, H. B. P. ., Simanjuntak, H. Y. ., Yolanda, D. F. ., Megawati, P. ., & Putri, A. M. . (2021). Analisis Manajemen Strategi : Perbandingan Manajemen Strategis antara PT Campina Ice Cream Industry Tbk dan PT Diamond Food Indonesia Tbk. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3239–3248. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1382
Section
Articles of Research

References

Ardiansyah, S. S., Salsabilla, D., & Arini, V. Q. (2021). Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Waralaba pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Pada KFC ). 5, 2965–2972.

Aulia, F. W., Aprialinita, D., Putra, S. E., & Putri, A. M. (2021). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Menghadapi Kompetitor di Masa Pandemi pada Perusahaan Indofood. 5, 2858–2864.

Auliandri, T. A. (2017). Analisa Aktivitas Manajemen Strategi pada Industri Pariwisata Berbasis Digital. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i1.13

Gunawan, C. I., & Anggraeni, L. P. (2015). The analysis of Strategic Management: a Comparation Between Strategic Management of pt. Semen Indonesia tbk and pt. Holcim Indonesia Tbk.

Gunawan, J. (2013). Analisa Manajemen dan Strategi Bisnis Pada ud. Cahaya Abadi Indah di Surabaya. AGORA, 1(3).

Rahmawati, R. D., Purwadi, & Rosyidi, D. (2012). Tingkat Penambahan Bahan Pengembang pada Pembuatan Es Krim Instan Ditinjau dari Mutu Organoleptik dan Tingkat Kelarutan. Jurnal Teknologi Hasil Ternak.

Riyanto, S. (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3), 159–168. https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i3.21707

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., Yuwanti, S., & Magister. (2018). Analisis SWOT: Faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha gula merah tebu. Jurnal Agroteknologi, 12(02), 107–115.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sukmawati, H. (2020). Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi. Journal of Chemical Information and Modeling, 43(1), 7728.

Sulistiani, D. (2014). Analisis Swot Sebagai Strategi Perusahaan Dalam Memenangkan Persaingan Bisnis. El-QUDWAH, 0(0).

Taufiqrokhman. (2019). Manajemen Stratejik. https://doi.org/10.31227/osf.io/gj9de

Yudiaris, I. G. (2015). Analisis lingkungan internal dan eksternal dalam menghadapi persaingan bisnis pada cv. Puri lautan mutiara. 5(1), 40–64.

Yunus, E. (2016). Manejemen Strategis.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>