Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Distribusi Produk Makanan dan Minuman pada CV. Inti Jaya di Kota Pekanbaru

Authors

  • Thoriq Natan Fakultas Ekonomi & Bisnis, Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Muhamad Abdi Fakultas Ekonomi & Bisnis, Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Rahmat Kurniadi Fakultas Ekonomi & Bisnis, Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Annie Mustika Putri Fakultas Ekonomi & Bisnis, Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

Keywords:

Pengelolaan, Pengembangan, Perusahaan Keluarga, Usaha distribusi

Abstract

Banyak usaha distribusi yang termasuk dalam kategori perdagangan grosir, karena distributor sebagai mitra utama berperan penting dalam mendistribusikan produk-produk utama kepada pedagang eceran atau agen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen bisnis melalui resume.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun CV Inti Jaya telah mempekerjakan tenaga profesional untuk mengelola usahanya, namun fungsi keuangan dan sumber daya manusia belum berfungsi. Lingkungan internal perusahaan ini belum memiliki departemen yang khusus menangani fungsi sumber daya manusia. Pada saat yang sama, lingkungan eksternal menghadapi ancaman dari kondisi persaingan bisnis distribusi di Pekanbaru, persaingan bisnis ini relatif ketat, dan tingkat layanan produk alternatif lebih baik daripada produk utama. Alternatif strategi yang perlu diprioritaskan adalah meningkatkan standar pelayanan pelanggan, meningkatkan negosiasi promosi, dan menetapkan standar pendidikan minimal bagi calon pegawai baru. Rencana pengembangan bisnis distribusi yang diusulkan adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan meningkatkan kualitas layanan. Masih terdapat beberapa kelemahan dalam pengelolaan fungsi keuangan dan sumber daya manusia yaitu intervensi pemilik pada kedua fungsi tersebut masih sangat besar terutama di bidang pengawasan. Tidak ada standar pendidikan minimal untuk calon karyawan. baru. Kekuatan perusahaan yang belum dimanfaatkan adalah kemampuan staf penjualan untuk mencapai omset bulanan. Dari sisi lingkungan eksternal, ancaman bisnis distribusi yang menjadi prioritas utama berasal dari ketatnya persaingan bisnis distribusi di Pekanbaru. Selain ancaman pesaing, ancaman lain juga datang dari tingkat pelayanan yang diberikan oleh produk alternatif yang lebih baik dari CV. Inti Jaya. Peluang perusahaan yang belum tergarap adalah pasar produk makanan dan minuman yang belum tersentuh perusahaan. Dapat memberikan prioritas pada strategi alternatif untuk resume. Inti Jaya telah meningkatkan standar layanan pelanggan, meningkatkan negosiasi promosi dengan kepala sekolah, dan menetapkan standar pendidikan minimum bagi calon karyawan baru. Kelemahan strategi prioritas adalah tidak adanya kebijakan tertulis yang mendukung strategi prioritas. Rencana pengembangan yang dipilih bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, agen, dan pengecer baru dan lama.

References

Akhmad Subekhi, M., & Mohammad Jauhar, S. (2012).

Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Moore, C. W., Petty, J. W., Palich, L. E., & Longenecker, J. G. (2010). Managing Small Business : An Entrepreneurial Emphasis.

Canada: South-Western Cengage Learning. Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian (Cetakan kedua ed.).

David, F. (2011). Strategic Management : Concept & Cases (13th ed.). New Jersey: Prentice Hall. Daft, R. L. (2008).

Grewal, D., & Levy, M. (2010). Marketing (Second Edition ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin. Heizer, J., & Render, B. (2010).

Hasil Pendaftaran Perusahaan/Usaha SENSUS EKONOMI 2006. Jakarta. Badan Pusat Statistik. (2006).

Jakarta: Penerbit PPM. Budhisetiawan, Y. (2012). Distribusi Digital. Jakarta. Badan Pusat Statistik. (2006).

Jakarta: Badan Pusat Statistik. Creswell, J. (2007). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions (2nd ed.). CA : Sage: Thousand Oaks.

Manajemen (sixth ed., Vol. 1). (E. T. Tiolina, Trans.) Jakarta: Salemba Empat. AGORA Vol. 1, No. 1, (2013)

Manajemen Operasi (Ninth ed.). (C. Sungkono, Trans.) Jakarta: Salemba Empat. Kasmir, S. M. (2010).

Metodologi Penelitian Kualitatif : Edisi Revisi (Cetakan ke- 30 ed.).

Pengantar Manajemen Keuangan (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Moleong, L. J. (2012).

Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta. Arwani, A. (2009).

Perusahaan Menengah dan Besar, Perdagangan Besar dan Eceran, Hasil Sensus Ekonomi 2006.

Warehouse Check Up : Menjadikan Gudang sebagai Keunggulan Kompetitif melalui Audit Menyeluruh (Cetakan I ed.).

Downloads

Published

25-07-2021

How to Cite

Natan, T. ., Abdi, M. ., Kurniadi, R. ., & Putri, A. M. (2021). Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Distribusi Produk Makanan dan Minuman pada CV. Inti Jaya di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3366–3376. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1398

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check