Strategi Pemasaran Tokopedia dalam Persaingan Antar E-Commerce dengan Analisis Swot

Authors

  • Anggi Sasmita Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Yuli Marta Ambarita Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Annie Mustika Putri Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

Keywords:

Strategi Pemasaran, E-Commerce, Analisis SWOT

Abstract

Saat ini teknologi informasi sangat berkembang dan memberi dampak pada kehidupan manusia, termasuk bisnis dalam internet yaitu E-Commerce. E-Commerce dapat menghemat waktu dan tidak memerlukan modal besar untuk mempromosikan produk. Salah satunya e-commerce yang ada di Indonesia adalah Tokopedia. Tokopedia menyediakan peluang bisnis dan menjual berbagai produk dan jasa dengan harga yang terjangkau. Untuk menarik lebih banyak konsumen, Tokopedia melakukan pemasaran yang beragam, salah satunya adalah bekerja sama dengan beberapa publik figur sebagai brand ambassador mereka. Untuk melancarkan pemasarannya, Tokopedia bekerjasama dengan lembaga perbankan dan perusahaan lain agar konsumen mudah mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Tokopedia di Indonesia dengan menggunakan analisis SWOT. Metode yang digunakan menggunakan deskriptif kuantitatif serta proses  pengumpulan  data dilakukan  dengan metode  Focus  Group  Discussion (FGD).

References

Isniati. 2019. Manajemen Strategik: Intisari Konsep dan Teori. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Chandradhy, D., 1978. Strategi-Strategi Pemasaran Di Indonesia. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran.

Luthfiyah, A., Djamhur, F., Melinda, R. (2021). Analisis SWOT Untuk Meningkatkan Manajemen Strategi pada UMKM (Studi Usaha Jahit Pani di Pekanbaru). 5, 3036.

Ardiansyah, S. S., Salsabilla, D., & Arini, V. Q. (2021). Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Waralaba pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada KFC ). 5, 2965–2972.

Sari, A. N., Pangestu, S., Erisya, Y. (2021). Analisis Strategic Management Pada Restoran Cepat Saji McDonald’s. 5, 2919-2920.

Husni, M. A., Wardhana, A. Analisis Strategi Pemasaran Tokopedia di Indonesia. 8, 4.

Gunawan,. Putri., N., Wati R. W. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan PT Mahakarya Berkah Madani Pekanbaru. 5, 3232-3233.

Arahmah, W., Pitri., Sarah, J. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran yang Tepat Bagi Perusahaan dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 pada Perusahaan Waralaba (Studi Kasus Toko Kopi Janji Jiwa). 5, 3115.

Similarweb. (2021). Top Marketplace website ranking in Indonesia by Similarweb. https://www.similarweb.com/top-websites/indonesia/category/e-commerce-and-shopping/marketplace/. Diakses pada 23 Juli 2021.

Tokopedia. (2021). Tentang Tokopedia: Ketahui Lebih Banyak Tentang Kami. https://www.tokopedia.com/about/. Diakses pada 22 Juli 2021.

Downloads

Published

25-07-2021

How to Cite

Sasmita, A. ., Ambarita, Y. M. ., & Putri, A. M. . (2021). Strategi Pemasaran Tokopedia dalam Persaingan Antar E-Commerce dengan Analisis Swot . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3397–3404. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1403

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check