Penerapan Teknologi Pembelajaran dalam Perkembangan Kemampuan Siswa SMA di Masa Pandemic Covid-19

Authors

  • Yory Nur Hidayatul Putri Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia, Indonesia
  • Undang Ruslan Wahyudin Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia, Indonesia
  • Jaenal Abidin Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Daring, Pandemi COVID-19, Perkembangan Kemampuan, Siswa SMA

Abstract

Mekanisme pembelajaran di Indonesia tengah menemui tantangan terkini yang diakibatkan wabah COVID-19, wabah ini menyebabkan semua sistem pembelajaran di instansi pendidikan dirubah pada tata cara pembelajaran online ataupun dalam jaringan (daring). Harian ini bermaksud menelaah bagaimana kedudukan teknologi dalam penerapan pembelajaran sepanjang era pandemi COVID-19, tidak hanya itu pula menelaah hal tantangan pembelajaran sepanjang era pandemi COVID-19 dengan memakai tata cara kesusastraan bertabiat deskriptif-analitik. Hasil penyusunan riset ini membuktikan bahwa, teknologi mempunyai kedudukan yang berarti kepada penerapan pembelajaran terkhusus dikala pandemi COVID-19  ini. Teknologi berfungsi selaku alat dalam melaksanakan interaksi antara pengajar serta siswa dalam penerapan pembelajaran daring. Tidak hanya itu teknologi pun berfungsi dalam menyediakan pengajar untuk mengantarkan modul pembelajaran, alhasil pembelajaran senantiasa berjalan walaupun tidak dicoba dengan cara langsung. Dalam penerapan pembelajaran daring pastinya ada halangan yang jadi tantangan tertentu untuk para pelakon pembelajaran, yang berhubungan dengan adat akademik, mencakup angka, tindakan, wawasan, keahlian, dan kesiapan alat serta infrastruktur terkait teknologi. Penyelenggaraan literasi dan pembelajaran berhubungan dengan pemanfaatan teknologi bisa jadi salah satu pemecahan dalam mengalami sebagian tantangan pembelajaran daring sepanjang pandemi COVID-19 dikala ini.

 

References

Anissa Windarti. “Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities In Indonesia,” t.t.

Anissa Windarti, Zaharah, Galia Ildusovna Kirilova. “Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities In Indonesia.” 2020, Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 07, no. 03 (t.t.): 269–82. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104.

Budi Sulaeman, dkk. “Intervensi Self Regulation Empowerment Program Untuk Meningkatkan Perkembangan Berprestasi Mahasiswa Non Reguler di Jurusan X Universitas X.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni 1, no. 2 (Oktober 2017): 519–28.

Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, and Sari Puteri Deta Larasati. “Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 137. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57.

Emda, Amna. “Kedudukan perkembangan kemampuan belajar siswa dalam pembelajaran.” Lantanida Journal 5, no. 2 (2018): 172–182.

Gowing, Marilyn K. “Measurement of Individual Emotional Competence” dalam Daniel Goleman, Cary Cherniss (ed.). The emotionally intelligent workplace: How to select for, measure, and improve emotional intelligence in individuals, groups, and organizations. (Fransisco: Jossey-Bass, 2001)

Juanda. “APJII: Indonesia Belum Merdeka Internet.” KOMITE.ID, 2020. https://www.komite.id/2020/08/11/apjii-indonesia-belum-merdeka internet/.

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. “Kebijakan ‘Social’ dan ‘Physical Distancing’ Harus

Libatkan Tokoh Sampai RT/RW.” Diakses 22 April 2020. https://setkab.go.id/kebijakan-social-dan-physical-distancing-harus-libatkan-tokoh- sampai-rt-rw/.

Miftahun Ni’mah Suseno. Statistika?: Teori dan Aplikasi Untuk Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora. 2012. Yogyakarta: Ash-Shaff, t.t.

“Perkembangan kemampuan belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning Pada Pertenaga pendidikan Tinggi,” t.t.

Nurhayati, Nurhasanah, Dahliana. “Dinamika Perkembangan kemampuan belajar Pada Siswa Mandiri di SMPN 10 Banda Aceh.” Universitas Syiah Kuala 1, no. 2 (2016): 73–79.

Putro, Khamim Zarkasih, Muhammad Adly Amri, Nuraisah Wulandari, and Dedek Kurniawan. “Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah.” Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE) 1, no. 1 (2020): 126. https://jurnal.staisumatera- medan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/12/8.

Peter Salim, dan Yenny Salim. Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English, 1991.

Sadirman. Interaksi dan Perkembangan kemampuan belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Santrock, John W. “Perkembangan Pendidikan.” Jakarta: Erlangga, 2003

Wulida Wahidatul Masruria. “Belajar Saat Covid-19: Pelaksanaan Assesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Di Indonesia.” 2021, Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9, no. 1 (t.t). https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.142

Downloads

Published

26-07-2021

How to Cite

Putri, Y. N. H. ., Wahyudin, U. R. ., & Abidin, J. . (2021). Penerapan Teknologi Pembelajaran dalam Perkembangan Kemampuan Siswa SMA di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3437–3443. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1416

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check