Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Smartbook terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA pada Siswa SDN 2 Waluyo Kecamatan Buluspesantren

Authors

  • Marsono Marsono Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka, Indonesia
  • Mulyanto Mulyanto Program Studi Manajemen Pascasarjana, Universitas Sarjanawiyata, Indonesia
  • Isfarudi Isfarudi Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Augmented Reality Smartbook, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Smartbook terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya pada Siswa Kelas VI SD N 2 Waluyo Kecamatan Buluspesantren. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VI di SDN 2 Waluyo Kecamatan Buluspesantren. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes, kemudian data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Smartbook terhadap Minat Belajar IPA Materi Tata Surya pada Siswa Kelas VI SD N 2 Waluyo Kecamatan Buluspesantren; (2) Ada pengaruh yang signifikan Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Smartbook terhadap Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya pada Siswa Kelas VI SD N 2 Waluyo Kecamatan Buluspesantren; (3) Ada pengaruh yang signifikanPembelajaran Menggunakan Augmented Reality Smartbook terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya pada Siswa Kelas VI SD N 2 Waluyo Kecamatan Buluspesantren.

 

References

Fakhrudin, A., Yamtinah, S., & Riyadi. (2019). Implementation Of Augmented Reality Technology In Natural Sciences Learning Of Elementary School To Optimize The Students Learning Result. International Journal of Indonesian Education and Teaching, Vol. 3, No. 1.

Furh, B. (2011). Hand Book of Augmented Reality. Department of Computer and Electrical Engeneering. 3:3 (hlm.3)

Goel, S. & Bhardawaj, A. (2014). A Critical Anaysis of Augmented Reality bu Applicability of IT Tools. International Journal of Information and Computation Technology. 4:425-430 (hlm.426)

Kesima, M. & Ozarslan, Y. (2012). Augmented reality in education: current technologies and the potential for education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47 (2012), 297–302.

Masmuzidin, M. Z. & Aziz, N. A. A. (2018). The Current Trends Of Augmented Reality In Early Childhood Education. The International Journal of Multimedia & Its Applications (IJMA) Vol.10, No.6.

Maulana (2015). Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Ramadhan, Choirul, N., Saleh, A., & Zainudin, M. A. (2011). Mobile Phone Augmented Reality sebagai Model Pembelajaran. Surabaya:Jurnal PENS, 2011.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesioalitas Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Sukiman (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Downloads

Published

26-07-2021

How to Cite

Marsono, M., Mulyanto, M., & Isfarudi, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Smartbook terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA pada Siswa SDN 2 Waluyo Kecamatan Buluspesantren. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3463–3469. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1420

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check