Pengaruh Pemberian Kredit oleh PT Bank Perkreditan Rakyat NTB Dompu Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil di Kecamatan Woja Dompu

Authors

  • M. Ikhwan Mansyuri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Dompu, Indonesia

Keywords:

Pemberian Kredit, Pendapatan pedagang.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan objek penelitian pada PT. Bank Perkredita Rakyat ( BPR ) Dompu NTB.  Dengan tujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh pemberian kredit oleh PT Bank BPR NTB Dompu terhadap pendapatan pedagang kecil di Desa Matua dan Desa Rababaka Kecamatan Woja Dompu. Subjek dalam penelitian ini adalah Pedagang Kecil yang berada di Desa Matua dan Desa Rababaka. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dengan rumus regresi linier sederhana memberikan hasil bahwa pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus regresi sederhana, menyimpulkan bahwa pemberian kredit terbukti berpengaruh terhadap pendapatan pedagang kecil. Dengan demikian hipotesis yang diajukan di dalam penelitian ini dinyatakan diterima atau terbukti kebenarannya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan dan pembahasan yang menunjukan bahwa pemberian kredit mencapai 23,37 dengan kategori tinggi dan berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang kecil yang  mencapai angka 16,51 dengan kategori tinggi pula

References

Ariff, Faisal, dan Rekan, 1996. Bank, Strategi dan Operasional, Cetakan Pertama, Penerbit-PT. Eresco, Bandung.

Ahmad Ifham Sholihin, Buku Pintar Ekonomi Syariah, Cet. I, (Jakarta: PT. Gramedia, 2010)

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Goldfeld, Stephen.M, dan Lester V.Chandle, 1996. Ekonomi Uang dan Bank, Alih Bahasa : Drs. Danny Hutabarat, Penerbit-Erlangga, Jakarta.

Jamil , Irsyad, 2000. Materi Pelatihan, Analisa Kredit Mikro, PT. NBP KTR Perwakilan Medan, Medan.

Kasmir, 2002. Dasar-dasar Perbankan, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit-PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

______, 2000. Manajemen Perbankan, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit-PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

M. Wijaya, Farid, dan Soetatwo Hadiwigeno, 1999. Lembaga-lembaga Keuangan dan Bank, Perkembangan Teori dan Kebijakan, Edisi Kedua, Cetakan Keempat, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Parera, J.D, 2004. Bank Indonesia, Bank Sentral Republik Indonesia, Suatu Pengantar, Penerbit-Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia, Jakarta.

Safri, H. Sofyan, 2001. Sistem Pengawasan Manajemen, Cetakan Pertama, Penerbit-PT. Pustaka Quantum, Jakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sinungan, Muchdarsyah, 1995. Dasar-dasar dan Teknik Manajemen Kredit, Cetakan Keenam, Penerbit-PT. Bina Aksara, Jakarta.

Susilo, Y.Sri, Sigit Triandaru, dan A. Totok Budi Santoso, 2000. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Cetakan Pertama, Penerbit-Salemba Empat, Jakarta.

Teguh, Muhammad, 1999. Metodologi Penelitian Ekonomi, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit-PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2002. Standar Akuntansi Keuangan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Michell Rinda Nursandy, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Tape di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso,(Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Jember,2013)

Jusup Al Haryono, Dasar-Dasar Akuntansi Jilid I, Ed. 6, (Yogyakarta: STIE YKPN, 2005)

Downloads

Published

02-08-2021

How to Cite

Mansyuri, M. I. . (2021). Pengaruh Pemberian Kredit oleh PT Bank Perkreditan Rakyat NTB Dompu Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil di Kecamatan Woja Dompu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3713–3729. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1453

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check