Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Think – Talk – Write ( TTW ) di Kelas XI IPA 4 MAN 1 Pekanbaru

Authors

  • Feri Hesti Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

pemahaman konsep, kemampuan komunikasi matematika, think-talk-write

Abstract

Pembelajaran matematika selama ini cenderung berlangsung mekanistik. Guru langsung mengajarkan algoritma kepada peserta didik, memberikan contoh soal dan meminta peserta didik menyelesaikan soal-soal yang mirip dengan yang diberikan guru. Kondisi ini menyebabkan peserta didik hanya mengetahui cara menyelesaikan soal tanpa memahami konsep matematika yang dipelajari. Selama proses pembelajaran peserta didik cenderung pasif dan pembelajaran terpusat kepada guru sehingga menyebabkan aktivitas dan hasil  belajar peserta didik rendah. Peserta didik cenderung hanya menonjol dalam menghafal konsep matematika, tetapi lemah dalam hal pemecahan masalah, penalaran dan kemampuan komunikasi secara matematis. Salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang potensial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  peserta didik adalah pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 28 orang peserta didik yang berada di kelas XI IPA 4 MAN I Pekanbaru. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, kuis, tes hasil belajar dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis data pada siklus pertama dan kedua menunjukan aktivitas dan hasil belajar  peserta didik meningkat. Hal ini ditunjukan adanya peningkatan kemampuan Pemahaman Konsep matematika  dari 36,0 % pada siklus pertama menjadi 71,4 % pada siklus kedua. Kemampuan  komunikasi matematika meningkat dari 40,0% pada siklus pertama menjadi 78,6 % pada siklus kedua. Berdasarkan hasil ini disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW). dapat meningkatkan aktivitas, kemampuan pemahan konsep  dan kemampuan  matematika peserta didik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta : Bumi Aksara.

Buzan, Tony. 2005. Buku pintar Mind Map. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hakim, Thursan. 2002. Belajar Secara efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hudoyo, H.2002. Peta Konsep. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Hudoyo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan pelaksanaannya di depan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional.

Ruseffendi, E. T. 1994. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan bidang Non-Eksakta lainnya. Semarang : IKP Semarang Press.

Ruseffendi, E. T. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Sardiman, A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert. (1995). Cooperative Learning : Theory, Reseach, and Practice. Boston : Allyn and Bacon.

Sobel, Max.A. 2004. Mengajar Matematika. Jakarta : Erlangga.

Soejadi, R. 1993. Simplikasi Beberapa konsep dalam Matematika untuk Matematika Sekolah Beserta Dampaknya. Surabaya : IKIP Surabaya.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung : UPI

Sujono. 1988. Pengajaran Matematika di Sekolah Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Sumarmo, U. 2002. Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Makalah.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta : Prenada Media.

Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung : UPI.

Wono Setya Budhi. 2003. Langkah Awal Menuju Olimpiade Matematika. Jakarta: CV. Ricardo.

Downloads

Published

30-12-2018

How to Cite

Hesti, F. . (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Think – Talk – Write ( TTW ) di Kelas XI IPA 4 MAN 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 2063–2075. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1484

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check