Pengaruh Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso

Authors

  • Anggun Salsabil Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Tasnim Rahmat Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Aniswita Aniswita Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Gema Hista Medika Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.14877

Keywords:

Metakognisi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMA Negeri 1 Baso, terlihat nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang masih rendah. Hal ini dapat dilihat besarnya persentase nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang masih sebatas kurang. Diduga, siswa tidak menyadari akan kemampuan pemecahan masalah matematikanya. Sehingga dalam memecahkan pemecahan masalah matematika siswa banyak yang tidak paham. Bahkan mereka ada yang tidak mengerjakan soal, siswa banyak yang tidak percaya diri akan kemampuannya sendiri. Metakognisi penting untuk mengetahui proses berpikir seseorang dalam pemecahan masalah. Berdasarkan kondisi tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah apakah terdapat pengaruh signifikan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metakognisi signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 101 siswa. Dalam pengambilan sampel diambil secara acak (random sampling) setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas varians, dan uji kesamaan rata-rata pada populasi. Sampel sebanyak 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket untuk mengukur metakognisi siswa dan tes untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Berdasarkan hasil olah data angket metakognisi dan tes kemampuan pemecahan masalah didapatkan hasil nilai koefisien korelasi sederhana , nilai persamaan regresi yaitu, dan nilai koefiesien determinan yaitu . Sehingga disimpulkan, terdapat pengaruh signifikan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso.

References

Abdullah, R., & Soemantri, D. (2018). Validasi Metacognitive Awareness Inventory pada Pendidikan Dokter Tahap Akademik. Jurnal eJKI, 6(1), 15-23.

Ahmadi, Ruslam. (2014). Pengantar Pendidikan Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Akmil Fuadi Rahman, Williza Yanti, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penggunaan Model Learning Cycle(LC) Pada Materi Pecahan Di Kelas VII, (Jurnal “Pendidikan Matematika” Vol. 2 No. 1, 2014), Hal. 84.

Anggo, Mustamin. Pelibatan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica Volume 01, April 2011, Unhalu Kendari, Hal. 1.

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asfar, Irfan Taufan & Syarif Nur. (2018). Model pembelajaran PPS (Problem Posing & Solving). Watampone: CV Jejak.

Chairani, Zahra. (2016). Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Banjarmasin: Deepublish.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2010). Jakarta.

Hamdi, Asep Saepul. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Bogor: Deepublish.

Hardani (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Mataram: Cv Pusataka Ilmu Grup.

Hermawan, Asep. (2005). Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Grasindo.

Kurniawan, Efektivitas Penggunaan Jurnal Belajar Dari Hasil Belajar Dan Kemampuan Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika. FKIP Untan Pontianak, Hal. 3.

Pasini, Jakson. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Cara Siswa Memperoleh Jalan Untuk Berpikir Kreatif Dan Sikap Positif. Palangka Raya: Alfabeta.

Purnomo, Dwi. (2018). Pola Dan Perubahan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematis. Malang: Media Nusa Creative.

Putera, D. B. R. A., Hidayah, R., Suarningtyas, S., & Mitasari, R. A. (2021). Profil Kesadaran Metakognisi Mahasiswa di Universitas Trunojoyo Madura pada Program Studi Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 84-91.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Universitas Islam Jakarta: Jakarta.

Roebyanto, Goenawan. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Malang: Pt Remaja Rosdakarya.

Rokhman, Nur, dkk, Model Pembelajaran NO3R Untuk Membangun Kemandirian Belajar dan Kemampuan Metakognisi Siswa, (Semarang: Scorpindo Media Pustaka, 2021). Hal. 165.

Sinambela, Lijan Poltak. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Graha Ilmu.

Siregar, Syofian. (2012). Statistik Parametik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswono, Tatag Yuli Eko. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah. Surabaya: Pt Remaja Rosdakarya.

Subana, dkk. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Subana, M. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Sugeng, Bambang. (2020). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplantif). Sleman: Deepublish.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Susanto, Herry Agus. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Yogyakarta: Deepublish.

Walpole, Ronald E. (1992). Pengantar Statistika. Jakarta: Pt Gramedia Pusataka Utama.

Widhi, Agung & Zarah. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Downloads

Published

10-05-2024

How to Cite

Salsabil, A., Rahmat, T., Aniswita, A., & Hista Medika, G. (2024). Pengaruh Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Baso. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 17591–17599. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.14877

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check