Pengaruh Penggunaan Kartu Pecahan Sederhana terhadap Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.15078Keywords:
Kartu Pecahan Sederhana, Pemahaman Konsep, Materi Pecahan, Siswa Kelas IV Sekolah DasarAbstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap pemahaman konsep pada materi pecahan. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil pretest yang masih rendah dan ditemukan banyak kesalahan siswa dalam menjawab soal pada materi pecahan, seperti penulisan pecahan yang benar dan penulisan bentuk pecahan yang terbalik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu pecahan sederhana terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pecahan di kelas IV SDN Malaka Jaya 09. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi, yaitu kelas kartu pecahan sederhana dan pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas IV se-Kelurahan Malaka Jaya. Adapun sampel yang terpilih adalah SDN Malaka Jaya 09 yang terdiri 2 kelas, yaitu kelas kartu pecahan sederhana dengan jumlah siswa adalah 20 siswa dan kelas pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa adalah 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) pembelajaran menggunakan kartu pecahan sederhana dapat memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pecahan, 2) pembelajaran menggunakan konvensional dapat memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pecahan, 3) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan kartu pecahan sederhana dan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pecahan.
References
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582.
Hendriyani, M. (2016). Alam adalah Sekolah dan Bermain adalah Proses Belajar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1).
Faruq, D. J. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Kartu Bilangan terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan. Jurnal Auladuna, 1(2), 83–93. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/234/207
Hatimah, H., Mutiastika, N. I., & Hayati, S. A. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Proceding Studium Generale. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PIUOK/article/view/6844/3750#
Lutvaidah, U. (2015). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Formatif, 5(3), 279–285. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/653/578
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://scholar.archive.org/work/55cr2ftohjhsxmrft2dlxrcwpq/access/wayback/http://ejournal.upi.edu:80/index.php/IJPE/article/download/16060/9786
MZ, Y. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Eknik, 3(1), 75–84. http://www.e-journal.janabadra.ac.id/index.php/jurnalteknik/article/view/2681/1790
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar. 03, 171.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Rakhmawati, E. (2012). Pengaruh Metode Bermain Kreatif terhadap Prestasi Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 51–57. https://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/502
Rohmah, A. N. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Cendekia, 9(2), 193–210. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/106/243
Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran (Tinjauan Pustaka). Wacana Saraswati, 19(1). https://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/wacanasaraswati/article/view/35/30
Susilawati, W. (2020). Belajar dan Pembelajaran Matematika. https://etheses.uinsgd.ac.id/45434/1/Belajar%20dan%20Pembelajaran%20Matematika.pdf
Ulya, H. (2017). Permainan Tradisional sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, 371–376. https://repository.ummetro.ac.id/files/artikel/967b29a8033b7621321b15c78166e74a.pdf
Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., Yasin, H., & Diponegoro, U. (2020). Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 127–131. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Mutiara Dwi Nawangwulan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).