MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA DAN PESAWAT SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN KIT IPA SISWA KELAS V

Authors

  • Yunidar Yunidar Sekolah Dasar Negeri 016 Sekip Hulu Rengat, Indragiri Hulu, Riau, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v2i2.152

Keywords:

Meningkatkan Hasil Belajar, Gaya dan Pesawat Sederhana, KIT IPA

Abstract

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia saat ini adalah dengan mengubah paradigma pendidikan. Pada pembelajaran yang lampau guru lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berbicara dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa. Ini juga terjadi pada pembelajaran IPA topik gaya dan pesawat sederhana yang berdampak pada pemahaman dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada topik gaya dan pesawat sederhana dengan menggunakan Kit IPA.Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Data hasil belajar diperoleh dari nilai ulangan harian dan hasil belajar dari post test siklus I dan siklus II yang sebelumnya siswa telah mempraktikkan materi dengan menggunakan Kit IPA.Hasil penelitian diketahui bahwa pada kondisi awal sebanyak 80% atau sebanyak 26 siswa hasil belajarnya kurang dari KKM yang ditentukan yaitu 69. Sedangkan yang sudah tuntas sebanyak 20% atau sebanyak 5 siswa. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Kit IPA, hasil belajar siswa sebanyak 80% atau 27 siswa sudah tuntas, sedangkan 20% atau 4 siswa belum tuntas hasil belajarnya. Dari penelitian ini diperoleh peningkatan hasil belajar yang tuntas dari 20% menjadi 80%, sedangkan yang belum tuntas menurun dari 80% menjadi 20%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Kit IPA dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.A SD Negeri 016 Sekip Hulu Rengat Kabupaten Indragiri Hulu

References

Astuti, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Jurnal cendekia : jurnal pendidikan matematika, (2), 11-28.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tin glat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.. 2008. Panduan Belajar PTK GENERIK. Jakarta : Proyek BERMUTU, Direktorat Pembinaan Diklat, PMPTK.
Devi, Poppy K. 2008. Ilmu Pen getahuan Alam : Untuk SD / MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Dianawati, Ajeng. 2004. Intisari Pen getahuan Alam Lengkap. Jakarta : Kawan Pustaka.
Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Ilmu Alam. http//wikipedia_org./wiki/ilmu.alam. (21 Februari 2012).
Kami, Elizabeth. 2010. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Alat Peraga KIT IPA Kelas V Semester I SD Jepon Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Salatiga : Program S1 PGSD FKIP UKSW.
Marifah, Siti. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Tematik Den gan Men ggunakan Alat Peraga Nyata Pada Kelas Ran gkap di SDN 02 Kedungpuji Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen Semester II 2010 / 2011. Skripsi. Salatiga : Program S1 PGSD FKIP UKSW.
Rochman, Abdi. 2011. Miskonsepsi Pada Pelajaran IPA Pada Topik Gaya Gravitasi Siswa Kelas V SD Negeri Sidorejo 04 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Skripsi. Salatiga: UKSW.
Sarlan. 2010. Pen ggunaan Alat Peraga KIT IPA Buatan SEQIP Untuk Meningkatan Hasil Pembelajaran IPA Kelas V SDN Plodongan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo Semester I Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Salatiga: UKSW.
Slamet, Adeng. 2008. Praktikum IPA. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar - Dasar Proses Belajar Men gajar. Bandung : Sinar Algesindo
Sulistyanto, Heri dan Edy Wiyono. 2008. Ilmu Pen getahuan Alam untuk SD dan MI Kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sulistyanto, Heri. 2008. Ilmu Pen getahuan Alam : Untuk SD / MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sutiyah. 2011. Penerapan Hands On Activity Dalam Pembelajaran Matematika KPK dan FPB Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 02 Adiwarno Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo. Skripsi. Salatiga: UKSW.
Sutrisno, Leo dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pen gajaran. Yogyakarta : Media Abadi

Downloads

Published

03-09-2018

How to Cite

Yunidar, Y. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA DAN PESAWAT SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN KIT IPA SISWA KELAS V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 462–474. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i2.152

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check