Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok

Authors

  • Sri Amelia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri padang, Indonesia
  • Elfia Sukma Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri padang, Indonesia

Keywords:

Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurang memperoleh pengalaman langsung, kurang diberikan kesempatan untuk bertanya, dan belum menunjukkan sikap kerja sama dalam kelompok sehingga pembelajaran lebih bersifat teacher center. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen, dengan bentuk non equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-test pada taraf nyata ? = 0,05 dan dk= 46 diperoeh thitung (2,01208) > ttabel (1,67866). Dengan demikia, terdapat pengaruh yang signifikan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Fitriyah, Murtadlo, & Wartu. (2017). Pengaruh model pembajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi (Vol 9 No 2), 108-112.

Hosnan.2014.Pendekatan Scientific dan Kontektual dalam pembelajaran abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia

Kemendikbud. 2014. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud

Kristin, Firosalia (2016). Pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. Jurnal Scholaria (Vol 6 No 1), 84-92.

Kunandar. 2015. Penilaiain Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rusman . 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara

Sari, Parmiti, & Japa. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelas V di SD. Jurnal Mimbar PGSD (Vol 5 No 2), 1-10.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatf dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

14-08-2021

How to Cite

Amelia, S. ., & Sukma, E. . (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4159–4165. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1529

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check