PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN METODE INKUIRI PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DI KELAS XII SMAN 1 SINGINGI

Main Article Content

Soniya Solfina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode inkuiri. Siswa belum dapat memahami materi sifat koligatif dari solusi karena penggunaan metode konvensional seperti ceramah menjadikan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi hal ini guru menerapkan metode inkuiri dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Prosedur penelitian terdiri dari: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Data penelitian diperoleh dengan tes tertulis dan menggunakan lembar observasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII SMAN 1 Singingi Kabupaten Kuantan Singingi pada semester pertama tahun akademik 2017/2018 sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan hasil kimiawi pada bahan sifat koligatif larutan di kelas XII SMAN 1 Singingi Kabupaten Kuantan Singingi dengan kelengkapan siklus I penguasaan siswa 70% Aktivitas guru dalam siklus mengajar I 83% dan siswa aktif siklus I 77%. Setelah refleksi meningkat pada siklus II 93% kelengkapan siswa, aktivitas guru meningkat menjadi 98% dan 95% siswa yang aktif. Dari hasil analisis penelitian dapat disimpulkan melalui metode inquiry dapat meningkatkan hasil pembelajaran kimia pada materi sifat koligatif dari solusi di kelas XII SMAN 1 Singingi Kabupaten Kuantan Singingiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Solfina, S. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN METODE INKUIRI PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DI KELAS XII SMAN 1 SINGINGI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 486-492. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/154

References

Kunandar. 2007. Langka hMudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muhammad Ali. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinsar Baru Algensindo.
Nana Sudjana,. 2009. PenilaianHasil Proses BelajarMengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.
Oemar, Hamalik,2004. Proses belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara
Ritawati Mahyudin, YettiAriani. 2007. Hand Out Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Padang : UNP
Rochiati Wiraatmaja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya
Tim Pelatihan Proyek PGSM, 1999. PenelitianTindakan Kelas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana