Komunikasi Interpersonal Pegawai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok

Authors

  • Futari Meidia Putri Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ermita Ermita Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Sulastri Sulastri Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Hanif Al-kadri Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran mengenai komunikasi interpersonal pegawai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok yang dilihat dari aspek : a) Keterbukaan, b) Sikap empati, c) Kesetaraan, d) Sikap suportif dan e) Kepercayaan. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai Disdikpora Solok yang berjumlah 88 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 orang dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan angket model skala Likert. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal pegawai di Disdikpora Kabupaten Solok dapat dilihat dari penjelasan berikut : (1) keterbukaan pegawai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 4,2, (2) empati pegawai di Disdikpora Kabupaten Solok sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 4,3, (3) kesetaraan pegawai di Disdikpora Kabupaten Solok sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 4,1, (4) sikap suportif pegawai di Disdikpora Kabupaten Solok sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 4,05, (5) kepercayaan pegawai di Disdikpora Kabupaten Solok sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 4,25. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal pegawai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 4,18.

References

Chaplin, J. . (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Devito, A. J. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing grup.

Ermita. (2012). Hubungan Antar Manusia dan Semangat Kerja Pegawai, XII(2). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi

Muhammad. Arni. (2007). komunikasi organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana, H. (2016). Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. Jurnal Untirta, 2(1).

Nopera, E. (2014). Komunikasi Interpersonal Pegawai Di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1).

Rahayu, A. (2015). Komunikasi Interpersonal Pegawai Pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 3(2).

Rahmiana. (2019). Komunikasi Interpersonal dalam Komunikasi Islam, 2(1).

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2018). Psikologi Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Shifah, F. H. (2018). Komunikasi Interpersonal Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 7(1).

Sugiyo. (2005). Komunikasi Antar Pribadi. Semarang: UNNES Press.

Surya, M. (2003). Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Thoha, M. (2004). Perilaku Organisasi (Konsep Dasar dan Aplikasinya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Thoha, M. (2012). Perilaku Organisasi (Konsep dasar dan Aplikasinya). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

14-08-2021

How to Cite

Putri, F. M. ., Ermita, E., Sulastri, S., & Al-kadri, H. . (2021). Komunikasi Interpersonal Pegawai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4224–4231. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1540

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check