UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILANMENULISTEKS PROSEDUR KOMPLEKSMENGGUNAKAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK PADA SISWA KELAS X TP SMK N 1 BANGKINANG T.P 2017/2018

Main Article Content

Nurhayati Nurhayati

Abstract

Menulis sering menjadi sesuatu yang kurang diinginkan dan diterima dengan baik oleh siswa, siswa mengalami kesulitan saat menulis. Siswa kelas sepuluh menghadapi sindrom kertas kosong (sindrom halaman kosong) tidak tahu apa yang harus ditulis. Masalah lain yang berkaitan dengan keterampilan menulis pembelajaran di sekolah adalah sistem penilaian dan pencapaian atau target kurikulum pembelajaran hanya diukur berdasarkan hasil tes tertulis pada akhir kuartal, semester, atau tahun belajar, sebagai tanggapan terhadap hal ini, kita perlu menerapkan model penulisan secara komprehensif dari keterampilan menulis yang komprehensif dengan berbagai teknik dan prosedur.Secara umum tujuan penelitian ini adalah mendapatkan kajian tentang upaya meningkatkan keterampilan menulis teks siswa kelas X TPSMKN 1 Bangkinang melalui kegiatan menulis teks prosedur komplek dan pemanfaatannva untuk penilaian autentik.Pendekatan yang digunakan dalan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Semua siswa akan dikenakan tindakan karena penelitian tindakan kelas adalah studi yang mengikuti jalur pembelajaran yang sebenarnya. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa dengan pembiasaan menulis teks secara berkelanjutan, siswa menjadi terbiasa menulis paragraf dan keterampilan menulis teksnyapun meningkat.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan kegiatan menulis teks untuk prosedur kompleks dan memanfaatkan siswa, hasil tertulis dalam teks prosedur kompleks untuk penilaian autentik dapat memberikan lebih banyak peluang bagi siswa untuk mengekspresikan ide secara tertulis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurhayati, N. (2018). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILANMENULISTEKS PROSEDUR KOMPLEKSMENGGUNAKAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK PADA SISWA KELAS X TP SMK N 1 BANGKINANG T.P 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 500-508. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/155

References

Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan (Action Research). Bahan Pelatihan Jakarta: Dikdasmen Depdikbud.
Laonhardt, M.2001. 99 Cara Menjadikan Anak Anda Bergairah Menulis. Terjemahan oleh Eva Y. Nukman. 2001. Bandung Kaifa.
Maznum, M. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Reading Comprehension pada Text Report Melalui Pedekatan Scientific di Kelas XI-MIA.5 SMAN 2 Bangkinang Kota Tp 2016-2017. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 (2), 240-249. doi:10.31004/jpt.v2i2.671
Nurhadi & Senduk, A.G. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Saukah, A. 1999. Prinsip Dasar Penilaian Pendidikan Bahasa. Bahasa dan Seni. Tahun 27, Nomor 1, Pebruari 1999, Hal; 19- 33.
Suparno, 2001. Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Kontekstual. Makalah disajikan pada Simposium di Wisma Jaya, Bogor. Direktorat SLTP, Dirjen Dikdasmen. November, 2001.
Suyanto, K.E. 2002. Authentic Assesment (Penilaian Otentik) dalam Pembelajaran Bahasa. Materi Pelatihan Calon Pelatih Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Bahasa Inggris Guru SLT di Malang. Direktorat SLTP, Depdiknas. 2002.