ANALISIS SOAL BUATAN GURU MATEMATIKA MI AL-HIDAYAH

Main Article Content

Hita Paulina Siregar
Ayu Dwi Lestari

Abstract

Alat evaluasi yang memiliki kualitas yang baik dapat mengukur kemampuan siswa dengan tepat. Oleh karena itu pembuatan soal tes hasil belajar siswa harus relevan dengan indikator dan tujuan yang ingin dicapai dari hasil tes. Butir soal buatan guru matematika MI AL-Hidayah Pekanbaru belum pernah dianalisis secara kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal tes buatan guru. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara analisis dokumen butir soal buatan guru matematika kelas VI MI AL-Hidayah Pekanbaru berdasarkan tiga aspek materi, kontruksi dan bahsa/budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 100% soal sesuai dengan aspek substansi/materi, 50% sesuai dengan aspek konstruksi dan 50% sesuai dengan aspek bahasa. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan bagi guru dalam memperbaiki soal ujian selanjutnya yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Siregar, H., & Lestari, A. (2018). ANALISIS SOAL BUATAN GURU MATEMATIKA MI AL-HIDAYAH. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1697-1702. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/159
Section
Articles

References

Amalia, A. N & Widiati, A. 2012. Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi di Kota Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 1.
Ariandani, dkk. Analisis Butir Soal Matematika Buatan Guru yang digunakan untuk Tes Semester II Kelas X SMA Negeri 8 Pekanbaru. Jurnal Aksiomatik hal 18-24.
Arifin, Z. Evaluasi Pembelajaran. 2012. Jakarta: Kementerian Agama RI
Asrul, dkk. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Mulya Sarana.
Khaerudin. 2017. Administrasi, Analisis Butir dan Kaidah Penulisan Tes. Jurnal Madaniyah, Volume 1
Mahirah. 2017. Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Buletin Matematika.
Pauji, R. 2016. Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Matematika SMA di Kota Banjarmasin. Jurnal Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 3.
Rahmadani, E.K., dkk. 2014. Analisis Kualitas Butir Soal pada Bank Soal Biologi kelas X SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendiidkan Biologi Vol.3 No. 1.
Septiana, N. 2016. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X dan XI pada Man Sampit. Jurnal EduSainsVol. 4, No. 2.
Sulistiawan, C.H. 2016. Kualitas Soal Ujian Sekolah Matematika Program IPA dan Kontribusinya terhadap Hasil Ujian Nasional. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, No 1.