Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan Dinas Pendidikan Kota Padang

Authors

  • Dinda Sri Utami Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Hadiyanto Hadiyanto Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Syahril Syahril Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Lusi Susanti Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1601

Keywords:

Penempatan Kerja, Efektivitas Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendapatkan informasi mengenai dampak penempatan kerja terhadapak kinerja karyawan di Dinas Pendidikan Kota Padang yang ditinjau dari unsur disiplin, keahlian, waktu, produktivitas, dan motivasi. Selain itu, unsur lain yang dilihat adalah aspek penempatan kerja, yaitu prestasi akademis, pengalaman, pendidikan, keterampilan dan kemampuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan metode analisis regresi linear sederhana. Penelitian ini juga menggunakan populasi berupa 120 orang pegawai di Dinas Pendidikan Kota Padang. Dari populasi tersebut, peneliti memilih 55 orang pegawai untuk menjadi sampel penelitian. Pemilihan sampel penelitian berdasarkan teknik proportionate stratified random sampling, Peneliti akan memberikan instrument kepada sampel yang berupa angket dengan model skala likert. Penelitian ini menunjukkan hasil tentang adanya dampak yang signifikan dari penempatan kerja terhadap efektivitas kerja para karyawan di Dinas Pendidikan Kota Padang dengan perolehan rata-rata 4. Peneliti mendapatkan (1) hasil analisis data berupa koefisien 0,704 dari Regresi Linear Sederhana, (2) nilaithitung 8,773 dari pengujian parsial (t), serta (3) nilai ttabel sebesar 2,004. Dengan perolehan nilai tersebut, peneliti menyarankan Dinas Pendidikan Kota Padang untuk memperbaiki cara penempatan kerja, khususnya pada indicator tertentu yang digunakan pada penelitian ini, agar kualitas kinerja para karyawan dapat meningkat dan memperoleh hasil maksimal.

References

Dotulong, L. 2017. DampakPenempatan sertaPengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di PT.Bank Sulutgo Kantor Cabang.Utama Manado.Jurnal EMBA. 5(2).

Hadiyanto, Umaedi, & Siswantari. 2015. Manajemen Berbasis SekolahEdisi Kesa. Universitas Terbuka.

Hasibuan, S. P. M. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Husin, W. L. 2020. Dampak.Penempatan Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Karyawandi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Ilmiah. 17(1).

Muaja, karina octavia, Adolfina, & Dotulong, L. 2017. Dampak Penempatan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di PT.Bank Sulutgo Kantor Cabang Utama Manado.Jurnal EMBA. 2(5).

Siagian, P. sondang. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Sutrisno, E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.

Suwatno. 2005). Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Administrasi. Jurnal Manajerial. 3(6).

Yani, almira nanda rizky, Susilo, H., & Ruhana, I. 2016. Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Motivasi dan Kinerja (studi pada karyawan PT Perkebunan Nusantara X (PG Watoetoelis) Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis. 30(1).

Downloads

Published

22-08-2021

How to Cite

Sri Utami, D., Hadiyanto, H., Syahril, S., & Susanti, L. (2021). Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan Dinas Pendidikan Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4559–4567. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1601

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check