Persepsi Guru tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Di SMK Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Main Article Content

Sonia Afrianti
Irsyad Irsyad
Sulastri Sulastri
Tia Ayu Ningrum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan kompetensi kewirausahaan kepala sekolah menurut persepsi guru di SMK Negeri 1 Pasaman dilihat dari bagian menciptakan inovasi berguna untuk pengembangan sekolah, bekerja keras, pantang menyerah dan memiliki motivasi, serta memiliki naluri kewirausahaan. Pemeriksaan ini bersifat kuantitatif dimana populasi penelitian disini adalah pendidik/ guru sebagai responden yang berjumlah 50 orang. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert yang terdiri dari 37 hal pernyataan. Sebelum angket digunakan, uji validitas dan reliabiltas yang tak tergoyahkan telah diuji terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagian dari menciptakan inovasi dapat diterima dengan skor normal 4,33 dan TCR 86,6%, bagian dari bekerja keras dapat diterima dengan skor normal 4 , 08 dan TCR 81,6%, bagian memiliki motivasi yang kuat dapat diterima dengan skor normal 4,19 dan TCR 83,8, bagian dari pantang menyerah diterima dengan skor normal 4,28 dan TCR 85,5%, serta bagian yang memiliki naluri kewirausahaan diterima dengan skor normal 4,26 dan TCR 85,1%. Skor rata-rata umum adalah 4,22 dan TCR 84,52% dalam klasifikasi baik. Dari keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa kompetensi kewirausahaan kepala sekolah menurut persepsi guru di SMK Negeri 1 Pasaman saat ini tergolong besar, namun perlu ditingkatkan lagi menjadi prima sehingga nantinya kemampuan rintisan kepala SMK Negeri 1 Pasaman dapat tercapai sesuai target yang ditetapkan oleh sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afrianti, S. ., Irsyad, I., Sulastri, S., & Ayu Ningrum , T. (2021). Persepsi Guru tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Di SMK Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4568–4578. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1603
Section
Articles of Research

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Makawimbang. (2012). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: PT Rosda Karya.

Mutiarani, W. (2015). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah menengah pertama Negeri (SMPN) Se-Kabupaten Bantul.

Mutohar, P. M. (2013). Manajemen Mutu Sekolah (Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam) (Yogyakarta). Ar-Ruzz Media.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018. (2018). Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007. (2007). Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Menteri Pendidikan Nasional.

PMPTK, D. (2010). Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta: Ditjen PMPTK.

Rahardjo, M. (2012). Aplikasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Mengelola Praktek Kerja Industri Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Multi Kasus Pada SMKN 1 Malang, SMKN 5 Malang, SMKN 8 Malang, dan SMKN 2 Batu). Program Pascasarjana.

Suyanto, & Abbas. (2004). Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Wahyudi. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>