PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA SMK

Authors

  • Elvira Permata Setiany Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi, Cimahi Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.163

Keywords:

Realistic Mathematics Education, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh nilai yang sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) melalui penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI RPL-1 di salah satu SMK swasta di kota Cimahi tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 29 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes siklus I dan II (setelah pemberian tindakan); lembar kerja siswa (LKS); dan lembar observasi terhadap guru dan siswa untuk kondisi pelaksanaan tindakan. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan evaluasi, (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran RME dapat memperoleh nilai yang lebih baik sesuai dengan KKM pada materi SPLDV.

References

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, l(1).
Sugesti, F. E., Budiyono, B., & Subanti, S. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads (SNH) Dan Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa.

Downloads

Published

23-11-2018

How to Cite

Setiany, E. P. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1727–1733. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.163

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check