EFEKTIFITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA UNTUK SISWA SMA

Main Article Content

Kholifia Ayuning Pertiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas LKS berbasis pendekatan Problem Solving pada materi barisan aritmatika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI disalah satu sekolah menengah atas (SMA) dikabupaten Bandung Barat. Jenis penelitian ini merupakan model penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis efektifitas LKS berbasis pendekatan Problem Solving pada materi barisan aritmatika. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober 2018. Instrumen penelitian ini berupa pemberian angket ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi dari ahli materi yaitu sebesar 73,64% dengan kriteria layak digunakan namun dengan revisi, ahli media sebesar 73,21% dengan kriteria layak digunakan namun dengan revisi, ahli bahasa yaitu sebesar 72,5% dengan kriteria layak digunakan namun dengan revisi, dan respon siswa yaitu sebesar 76% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan LKS berbasis pendekatan Problem Solving efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan bisa lebih membantu siswa untuk  memahami materi pembelajaran yaitu materi barisan aritmatika dan siswa pun dapat menyelesaikan masalah sesuai dengan tahapan pendekatan Problem Solving yaitu mulai dari memahami permasalahan, merencanakan strategi penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan menguji kembali proses dan hasil.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pertiwi, K. (2018). EFEKTIFITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA UNTUK SISWA SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1755-1761. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/167
Section
Articles

References

Fannie, R. D., & Rohati, R.(2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1).
Herdiman, I. (2017). Penerapan pendekatan open-ended untuk meningkatkan matematik siswa SMP. JES-MAT, 3(2), 195-204.
Herdiman, I., Jayanti, K.,& Pertiwi, K. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216-229.
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan lks berbasis rme dengan pendekatan problem solving untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51-63.
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90.
Yuliana, T., Kusmayadi, T. A., & Sujadi, I. (2016). Eksperimentasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Writing Activities Dan Model Creative Problem Solving (Cps) Pada Materi Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Se-kota Tegal Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(3).