ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Main Article Content

Mayasari Mayasari
Siska Ratnapuri
Nursafitri Nursafitri
Novia Handayani
Wahyu Hidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menelaah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dari yang kemampuannya tinggi ke rendah berdasarkan indikator yang muncul dari siswa. Analisis kemampuan berpikir kreatif ini diperoleh dari tes insrument kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberikan kepasa Siswa Menengah Pertama yang berdasarkan indikator (1) berpikir dengan lancar (2) berpikir secara luwes (3) berpikir secara orisinil (4) berpikir secara elaboratif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskritif. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII siswa SMP Negeri 45 Bandung. Pengolahan data dari hasi penelitian menggunakan uji Mann Whitney. Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan kemampuan siswa terhadp menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kreatif  pada indikator yang telah ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mayasari, M., Ratnapuri, S., Nursafitri, N., Handayani, N., & Hidayat, W. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1762-1771. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/168

References

Choridah,D.T. (2013) Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatka Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika Vol.2, No.2 STKIP Siliwangi Bandung.
Hidayat,w. (2017) Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis siswa Dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Materi Turunan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.2, No.1 STKIP Siliwangi Bandung.
Istiana,G.A. Catur, A.N. Sukarjo J.S. (2015) Penerapan Pembelajaran Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri I Ngemplak Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Vol.4, No.2 Universitas Sebelas Maret.
Istianah,E. (2013) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEas) Pada siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika Vol.2, No.2 STKIP Siliwangi Bandung.
Kemendikbud (2013) Modul pembelajaran kurikulum 2013
Khoeri,w. Rochmad. Cahyo,A.N. (2013) Problem Best Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal of Mathematics Of Education Vol.2, No 1 Universitas Negeri Semarang.
Muhamad,N. (2016).Pengaruh Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Representasi Matematis Dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Vol.9, No.1 Universitas Garut.
Sugilar,H. (2013) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika Vol.2, No.2 STKIP Siliwangi Bandung.
Sumarmo,U. Hidayat,W. Zukarnaen,R. hamidah. Sariningsih, R (2012) Kemampuan dan didposisi Berpikir Logis, Kritis dan Kreatif Matematik (Eksperimen Terhadap Siswa Menggunakan pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write) Jurnal Pengajaran MIPA Vol.17, No.1 Universitas Pendidikan Indonesia.
Syahrir. (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol.2, No.1 IKIP Mataram.
Utami Munandar. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.