ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN BERPANGKAT PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA DI KOTA CIMAHI

Main Article Content

Muhamad Agus Jalaludin
Veny Triyana Andika Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa serta menganalisis faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta di kota cimahi yang telah mempelajari materi bilangan berpangkat. Sampel dari penelitian adalah siswa SMK kelas X akuntansi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara (dipilih berdasarkan jenis kesalahan yang dilakukan pada tes tertulis). Langkah-langkah analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat melakukan kesalahan; (1) kesalahan konsep, (2) kesalahan memahami soal, (3) kesalahan hitung. Faktor penyebabnya adalah kemampuan pemahaman siswa yang rendah dalam menguasai konsep, kurangnya latihan menyelesaikan soal-soal yang bervariasi, tergesa-gesa dan kurang teliti dalam menyelesaikan soal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jalaludin, M., & Sari, V. (2018). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN BERPANGKAT PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA DI KOTA CIMAHI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1796-1801. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/172
Section
Articles

References

Khasanah, U. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Smp Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Manibuy, R. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solo Pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire–Papua (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Supatmono, C. (2009). Matematika asyik. Jakarta: Grasindo.
Syafmen, W. (2015). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika di SMA (Studi Kasus SMA N. 11 Kota Jambi). Kreatif, 17(3).
Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: An analysis of st udents' errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 555-584.