ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA SMP DIKABUPATEN BANDUNG BARAT PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Main Article Content

M Zulfikar
Naskia Achmad
Nelly Fitriani

Abstract

Abstrak


Penalaran merupakan salah satu kemampuan matematik yang penting untuk dimiliki siswa, khususnya pada tingkat sekolah menengah. Kemampuan penalaran matematik akan membantu siswa dalam lebih memahami suatu konsep secara bermakna (meaningfull learning) tidak sekedar mengingat fakta, aturan dan langkah-langkah penyelesaian  masalah. Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisa kesulitan-kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran matematik pada materi baris dan deret.Adapun metode penelitan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang, kemudian diambil secara purposive sampling sebanyak 6 orang yang menjadi sampel dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Untuk meneliti kemampuan penalaran matematik yang dimiliki keenam siswa tersebut disediakan 4 soal sebagai instrumen tes. Selanjutnya hasil yang diperoleh menyatakan bahwa kemampuan penalaran matematik siswa SMP di kabupaten Bandung Barat masih tergolong kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zulfikar, M., Achmad, N., & Fitriani, N. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA SMP DIKABUPATEN BANDUNG BARAT PADA MATERI BARISAN DAN DERET. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1802-1810. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/173

References

Amir, A.(2014).Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran matematika.Jurnal Logaritma. Vol. II No.01 (18-33)
Ario, M.(2016).Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah.Jurnal Ilmiah Edu Research. Vol.5 No.2 (125-134).
Bernard,M. (2015).Meningkatkan Kemampuan komunikasi dan penalaran serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash CS. 4.0. Jurnal Infinity. Vol.4 No.2 (197-222).
Hendriana, H., dan Utari Soemarmo.(2014).Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lestari, W.D. (2015).Kesulitan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Generalisasi Matematis pada Materi Segitiga. E-journal UNWIR. Vol.VII No.2 (75-85)
Priatna. N.(2003). Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Kelas 3 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Kota Bandung. Disertasi UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Rahmawati, N.K.(2017).Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis.Jurnal Al-Jabar. Vol.8 No.2 (121-134)
Rosnawati,R (2013). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Peneltian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sari, Ika Puspita., dan Sufri.(2014). Analisis Penalaran Proposional Siswa dengan Gaya Belajar Audiotori dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan pada Siswa SMP kelas VII.Jurnal Eumatica. Vol.04 No.02 (48-55)
Setia, Lilis. (2013). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Barisan dan Deret pada Siswa Kelas XII SMA Al-Islam 3 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sumarmo, U. (2003). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan