PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MTs DI KABUPATEN BANDUNG PADA MATERI SPLDV

Main Article Content

Nazmy Fathia Thahira

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa MTs pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variable. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII-B di salah satu MTs di kabupaten Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes siklus 1 dan 2 (setelah pemberian tindakan), dan lembar observasi terhadap guru dan siswa untuk kondisi pelaksanaan tindakan. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) Perencanaan’, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan evaluasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa MTs pada materi SPLDV dapat ditingkatkan melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Thahira, N. (2018). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MTs DI KABUPATEN BANDUNG PADA MATERI SPLDV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1811-1819. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/174

References

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP melalui pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118
Mulhamah., Putrawangsa, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (November), 978-979.
NCTM.(2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA : NCTM.
Putri W, Mella. 2008. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika Kelas VII Semester Ganjil SMP Tri sukses Natar Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Lampung: Unila.
Rohman. (2003). Analisis Kesalahan Siswa Di Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dengan Dua Peubah Kelas II Di STLP Negeri I Waru Sidoarjo. Surabaya: UNESA.