MENGANALISIS KEMAMPUANKONEKSI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA SMPN DI BANDUNG BARAT

Main Article Content

Nursafitri Nursafitri
Novia Handayani
Mayasari Mayasari
Risma Amelia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah dengan cara mengaitkan konsep. Analisis koneksi matematik ini diperoleh dari tes instrument kemampuan koneksi matematik siswa yang diberikan kepada siswa sekolah menengah pertamayang berdasarkan indikator 1) Menggunakan koneksi antar topik matematika dengan topik lain. 2) Mencari hubungan berbagai representasi atau gambaran, konsep dan prosedur. 3) Menggunakan matematika dalam bidang studi lain atau kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif. subjek penelitian ini adalah 21 siswa kelas VIII B salah satu SMPN di Bandung Barat . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa yang termasuk kedalam kategori paling rendah yaitu terdapat pada indikator ke-1, Indikator ini tergolong rendah karena siswa karena siswa belum mampu menghubungkan antar gambar bangun datar ke-1 dengan gambar bangun datar ke-2, sehingga siswa kebingungan bagaimana cara menyelesaikannya, Karena siswa terbiasa menyelesaikan soal yang terdiri dari 1 topik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nursafitri, N., Handayani, N., Mayasari, M., & Amelia, R. (2018). MENGANALISIS KEMAMPUANKONEKSI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA SMPN DI BANDUNG BARAT. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1820-1828. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/175
Section
Articles

References

Agustianti, R. (2013). Meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa SMK dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visualization, Intelectualy). Skripsi STKIP Siliwangi Bandung: Tidak diterbitkan.
Creswell,J.W.(1998) Qualitatif inquiry and research design.sage publications, inc: california Martinis Yamin.(2008:128). Desain pembelajaran berbasis tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Gaung persada press.
Gordah, E.K. (2009). Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Pendekatan Open Ended. Tesis. PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audiovisual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1-10.
Maulana. (2008). Dasar-dasar keilmuan matematika. Bandung: Royyan Press
Ramdhani, M. R., Widiyastuti, E., & Subekti, F. E. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Kembaran Materi Bangun Datar. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Siagian, Roida Eva Flora. "Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terrhadap prestasi belajar matematika." Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2.2 (2015).