PENGARUH SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP

Main Article Content

Pamila Malinda
Eva Dwi Minarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self confidence terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 30 siswa disalah satu SMP di Kota Cimahi, instrumen yang digunakan pada penelitian ini antara lain tes dan non tes. Tahap yang dijalani dalam penelitian ini siswa diberikan angket self confidence yang terdiri dari 42 pernyataan, pengisian soal tes kemampuan koneksi matematis, analisis data dan terakhir pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa self confidence  siswa memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematis yaitu sebesar 36,9% dan  63,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar self confidence siswa.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Malinda, P., & Minarti, E. (2018). PENGARUH SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1829-1837. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/176

References

Christiana, E., & Wahyu, N. E. S. 2010. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 8 Surabaya Dengan Konseling Kelompok Gestalt. Makalah Unesa : tidak diterbitkan.
Haeruman, L., Rahayu, W., & Ambarawati, L. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 10(2) : 157-168.
Hasbullah, H. 2014. Pengaruh Metode Belajar Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan. 4(2) : 134.
Muhamad, N. 2017. Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa, Jurnal Pendidikan UNIGA. 10(1) : 9-22.
Musriliani, C., Marwan, M., & Ansari, B. I. 2015. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika. 2(2) : 50.
Pitriyani, P., Fitriana, A., Malinda, P., & Hajar, S., M. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa MTs ditinjau dari Self Confidence. JPPM. 11(1) : 106.
Pratiwi, I., Yulianti, D., Malinda, P., Pitriyani, P., Hajar, M. S., & Hidayat, W. 2018. Pengaruh Self Confidence Siswa Smp Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 1(4) : 667-672.
Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTS di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik. 9(1) : 16-25.
Sumarmo, U. 2015. Pengembangan Dan Contoh Butir Skala Nilai, Karakter, Budaya Dan Aspek Afektif Lain Dalam Pembelajaran Matematika, Bandung. Modul Pembelajaran : Tidak Diterbitkan.
Sumarmo, U. 2016. Pedoman Pemberian Skor pada Beragam Tes Kemampuan Matematik. Kelengkapan Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Program Magister Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi : Tidak Diterbitkan.
Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana, M. 2016. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1) : 121-130.