Pengaruh Penerapan Permainan Kecil dalam Pembelajaran PJOK Kelas X terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 16 Surabaya

Authors

  • Ardyani Wynne Wastika Putri Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Keywords:

Pengaruh Penerapan Permainan Kecil dan Motivasi Pembelajaran PJOK

Abstract

Permainan kecil adalah aktivitas bermain yang tidak mempunyai ukuran lapangan, durasi permainan, alat-alat yang digunakan, dan peraturan baku. Sedangkan, motivasi belajar yaitu daya penggerak dalam seorang individu yang mengakibatkan dirinya ingin melakukan belajar dan dapat memberikan arah sehingga dapat tercapai apa yang diinginkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan adanya pengaruh yang terjadi saat permainan sebelum pembelajaran terhadap belajar peserta didik dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan kecil dalam pembelajaran PJOK terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 16 Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan desain pre-test dan post-test Randomized Control Group Pre-test  Post-Test Design dan populasi penelitian ini terdiri dari  70 siswa dengan menggunakan metode Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan kecil dalam pembelajaran PJOK memberikan pengaruh yang berbeda-beda. Hasil uji hipotesis pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai sig sebesar 0,000 lebih besar dari 0,05 yang menunjukkan persentase peningkatan sebesar 6,42%.

Downloads

Published

14-07-2024

How to Cite

Putri, A. W. W. (2024). Pengaruh Penerapan Permainan Kecil dalam Pembelajaran PJOK Kelas X terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 16 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 29536–29543. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/17645

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check